kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perayaan Tahun Baru Dilarang Tapi Tetap Bisa Berlibur di Tempat Wisata


Kamis, 30 Desember 2021 / 05:50 WIB
Perayaan Tahun Baru Dilarang Tapi Tetap Bisa Berlibur di Tempat Wisata


Reporter: Adrianus Octaviano, Avanty Nurdiana, Kenia Intan, Ratih Waseso, Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Liburan akhir tahun kerap menjadi pilihan untuk melepas penat setelah setahun bekerja. Apalagi kini, pemerintah tidak melarang atau menutup tempat wisata. Meski begitu, perlu diingat jika Covid-19 masih mengintai. Terlebih kini ada varian baru omicron. Karena itu, sebaiknya selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Prokes di Tempat Wisata

Natal dan tahun baru kerap jadi momentum masyarakat berlibur. Tapi karena Covid-19 masih mengintai, masyarakat sebaiknya selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat berlibur. 

Epidemiolog Universitas Indonesia Syahrizal Syarif memberi tip berlibur aman di masa pandemi. Misal, membeli tiket secara online. Masyarakat juga disarankan telah menerima vaksinasi minimal dosis pertama bila hendak pergi berlibur. 

Baca Juga: Omicron di Luar Kendali, Infeksi Global Covid Tembus Rekor Tertinggi 7 Hari Terakhir

Jangan lupa menjaga jarak. Penyelenggara tempat wisata harus selalu mengatur antrian dan tempat untuk berfoto. Petugas juga harus disiplin berkeliling mengawasi penggunaan masker.

Pengelola tempat wisata juga bisa memberikan pengumuman berulang agar pengunjung tetap menaati prokes. "Perhatikan juga kebersihan dan prokes di toilet, fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer yang cukup. Waktu kunjungan di tempat wisata dibatasi maksimal 6 jam," ujar Syahrizal, Rabu (29/12).

Manager Marketing & Public Relation Jatim Park Group, Titik S. Ariyanto pun memastikan seluruh wahana di Jatim Park Group menerapkan prokes.

 Jatim Park Group mengaku ada kenaikan kunjungan saat libur tahun baru. Saat ini, semua wahana di bawah Jatim Park Group sudah dibuka. "Pengunjung didominasi keluarga dan anak muda," ungkap Titik.
Ridwan Mulyana

Liburan di Tempat Terbuka

Baca Juga: Beijing Ingin Perketat IPO di Luar Negeri, Dalam Seminggu Dua Usulan Aturan Diumumkan

Liburan akhir tahun dikhawatirkan menjadi sarana penularan virus Covid-19. Tapi berlibur tetap penting untuk melepas lelah dan menghibur diri. Apalagi pemerintah memang tidak menutup tempat wisata dan hanya kembali mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×