Penyebaran Virus Covid-19 bisa berkurang dengan obat kumur? Cek beritanya

Rabu, 26 Agustus 2020 | 15:43 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Penyebaran Virus Covid-19 bisa berkurang dengan obat kumur? Cek beritanya

ILUSTRASI. Peneliti asal Inggris akan melakukan penelitian tentang peran obat kumur untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19. REUTERS/Adnan Abidi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam penelitian tentang Virus Covid-19 terus dilakukan. Tidak hanya mencari obat atau vaksin, para peneliti terus berusaha untuk mencari cara mengurangi penyebaran Virus.

Melansir dari Khaleej Times (khaleejtimes.com), peneliti dari Wales, Inggris akan melakukan penelitian tentang peran obat kumur untuk mengurangi penyebaran Virus Covid-19. Penelitian dijadwalkan akan dilakukan minggu ini.

Baca Juga: 4 tanaman pengusir nyamuk, cocok jadi hiasan juga bahan makanan

Penelitian tersebut melibatkan pasien yang terinfeksi Virus Covid-19 di University Hospital of Wales in Cardiff. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah obat kumur bisa mengurangi Virus Covid-19 di air liur.

Bagian terluar Virus Covid-19 dilapisi dengan membran lemak. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa komposisi obat kumur, seperti ethanol dalam jumlah sedikit, mampu mengacaukan membran lemak pada virus.

Pada Mei lalu, para peneliti diminta melakukan penelitian penting tentang manfaat obat kumur untuk mengurangi sebaran Virus Covid-19. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Function mengatakan bahwa dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut.

Professor Valerie O’Donnell, pemimpin penulis penelitian tersebut, menuturkan bahwa penggunaan obat kumur masih belum banyak dipertimbangkan. O’Donnell berharap penelitian ini bisa segera dievaluasi. Penelitian lengkap akan diulas terlebih dahulu sebelum dipublikasikan dalam 6 bulan.

Baca Juga: 3 Obat batuk alami, bahannya mudah ditemukan

Mengutip dari Khaleej Times, obat kumur yodium dapat membunuh Virus Covid-19 dan mencegah efek virus jika seseorang telah terinfeksi. Peneliti Jerman menemukan bahwa obat kumur bisa menonaktifkan Virus Covid-19.

Mereka mengklaim bahwa obat kumur bisa mengurangi jumlah virus yang banyak tersimpan di tenggorokan. Dengan begitu, penyebaran Virus Covid-19 bisa berkurang.

Dengan penelitian tersebut, masyarakat diharap tidak lengah selama pandemi Virus Covid-19. Protokol kesehatan tetap perlu diterapkan secara disiplin. Jaga jarak, rajin cuci tangan, dan gunakan masker dengan benar.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru