Aplikasi penelusuran kontak, bisakah mengontrol virus corona?

Senin, 24 Agustus 2020 | 13:14 WIB Sumber: India Times
Aplikasi penelusuran kontak, bisakah mengontrol virus corona?

ILUSTRASI. Jangan hanya bergantung pada aplikasi penelusuran kontak. Anda tetap perlu disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan benar. REUTERS/Hemanshi Kamani

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang dilakukan untuk mengontrol penyebaran virus corona / Covid-19. Tak hanya datang dari dunia medis, penyebaran virus corona juga dikendalikan menggunakan aplikasi penelusuran kontak (contact tracing apps.). Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa aplikasi tersebut tidak cukup efektif.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Lancet Digital Health menggarisbawahi bahwa aplikasi penelusuran kontak tak cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus corona. India Times (indiatimes.com) mengatakan bahwa protokol kesehatan lain tetap diperlukan untuk mengurangi sebaran.

Baca Juga: 4 Sebab kasus pasien Covid tanpa gejala banyak terjadi

Ada 4.033 penelitian ilmiah dari Januari, 2000 hingga April, 2020 yang diulas dalam penelitian tersebut. Peneliti ingin memahami potensi efek aplikasi penelusuran kontak terhadap penyebaran virus corona / Covid-19. Di antara ribuan penelitian tersebut, ada 15 penelitian ilmiah dengan data yang berguna.

Isobel Braithwaite dari University College London yang terlibat dalam penelitian mengatakan bahwa dibutuhkan sistem yang lebih besar. Meski sudah mendukung penelusuran manual, aplikasi dengan sistem yang lebih besar dibutuhkan agar bisa memberikan saran karantina sehingga penyebaran bisa berkurang.

Mengutip dari India Times, dibutuhkan pengukuran kontrol kesehatan masyarakat tambahan agar aplikasi penelusuran kontak virus corona / Covid-19 bisa berfungsi lebih maksimal. Beberapa masalah pun tak bisa dihindari dari aplikasi ini.

Baca Juga: 2 kontroversi virus corona yang perlu Anda tahu

Aplikasi penelusuran kontak bergantung pada penggunaan smartphone atau telepon pintar. Jadi, beberapa daerah mungkin kesulitan untuk menggunakannya. Selain itu, jenis aplikasi ini juga menimbulkan masalah keamanan dan privasi.

Anda tidak boleh hanya bergantung pada aplikasi penelusuran kontak ini di tengah pandemi virus corona / Covid-19. Disiplin menerapkan protokol kesehatan tetaplah yang utama. Jaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker yang benar, dan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru