kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Obat batuk alami, bahannya mudah ditemukan


Selasa, 25 Agustus 2020 / 09:00 WIB
3 Obat batuk alami, bahannya mudah ditemukan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada umumnya, batuk adalah suatu hal yang normal. Batuk merupakan respons tubuh terhadap masuknya benda asing. Namun, batuk membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Anda bisa menggunakan obat batuk alami agar kondisi kesehatan Anda tidak semakin parah.

Madu

Melansir dari Healthline, madu bisa dipakai sebagai obat batuk alami. Menurut sebuah penelitian, obat batuk dari madu lebih efektif daripada obat batuk lain yang mengandung dextromethorphan atau DM.

Baca Juga: Ingin terhindar dari asam urat? Ikuti cara-cara berikut

Anda bisa membuat sendiri obat batuk alami dari madu. Caranya, campurkan dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Madu bertugas untuk melegakan, sedangkan lemon berfungsi untuk meredakan penyumbatan.

Marshmallow

Obat batuk herbal lainnya yang direkomendasikan oleh Healthline adalah marshmallow. Marshmallow terbuat dari tanaman bernama Althaea officinalis. Daun dan akar tanaman tersebut bisa digunakan untuk meredakan batuk.

Obat herbal marshmallow mengandung mucilage yang bisa menyembuhkan iritasi. Anda bisa mendapat akar marshmallow atau dalam bentuk kapsul. Healthline tidak merekomendasikan penggunakan marshmallow pada anak-anak.

Air Garam

Air garam adalah obat batuk alami yang sangat mudah didapat. Anda bisa berkumur dengan air garam agar rasa gatal yang menyebabkan batuk bisa berkurang. Campurkan satu per empat atau setengah sendok teh garam dengan 8 ons air hangat.

Baca Juga: Penyebab radang paru-paru dan gejala yang sering muncul

Berkumur dengan air garam membuat iritasi penyebab batuk berkurang. Karena anak-anak belum bisa berkumur dengan baik, Healthline merekomendasikan obat batuk alami lainnya untuk anak-anak.

Setelah mengetahui obat batuk alami yang bisa Anda coba, penting juga untuk melakukan pencegahan. Tujuannya agar Anda tidak mengalami batuk terlalu sering. Healthline menyarankan agar Anda menghindari orang sakit agar tidak tertular.

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga penting dilakukan. Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk agar tidak menularkan penyakit ke orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×