kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab radang paru-paru dan gejala yang sering muncul


Senin, 24 Agustus 2020 / 12:14 WIB
Penyebab radang paru-paru dan gejala yang sering muncul
ILUSTRASI. Ada banyak gejala dan faktor yang menyebabkan radang paru-paru. ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang paru-paru juga bisa disebut dengan pneumonitis. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami radang paru-paru. Biasanya, pekerjaan atau hobi yang Anda sukai menimbulkan iritasi yang tersebar melalui udara sehingga menyebabkan inflamasi pada paru-paru.

Gejala umum yang muncul pada penderita radang paru-paru adalah kesulitan untuk bernapas yang disertai dengan batuk kering. Jika gejala radang paru-paru diabaikan dan tidak diobati, Anda bisa mengalami pneumonitis kronis hingga fibrosis pada paru-paru.

Selain kesulitan bernapas, Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan gejala lain yang dapat terjadi. Radang paru-paru ditandai dengan batuk, rasa lelah, nafsu makan menurun, berat badan turun tanpa disengaja.

Baca Juga: Bisa Anda coba, cara menurunkan suhu badan yang panas

Penyebab Radang Paru-Paru

Seperti yang telah disebutkan, radang paru-paru terjadi karena adanya benda asing yang membuat iritasi. Iritasi tersebut membuat alveoli atau gelembung udara dalam paru-paru mengalami inflamasi sehingga oksigen sulit lewat menuju aliran darah.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa varian obat tertentu dapat menyebabkan radung paru-paru. Jenis obat yang dimaksud bisa berupa antibiotik, kemoterapi, pengobatan agar detak jantung normal, atau aspirin yang dikonsumsi secara berlebihan.

Selain obat, radang paru-paru juga bisa disebabkan karena jamur atau bakteri. Mayo Clinic mengatakan jenis jamur yang berkaitan dengan penyakit radang paru-paru diberi nama panggilan, seperti “farmer’s lung” dan “hot tub lung”.

Radang paru-paru juga dapat dikarenakan radiasi dari perawatan yang sedang dijalani. Terapi radiasi untuk kanker payudara atau kanker paru-paru dapat menimbulkan efek samping berupa pneumonitis.

Baca Juga: 4 Penyebab penyakit kulit yang perlu diperhatikan

Faktor Resiko Radang Resiko

Munculnya gejala radang paru-paru bisa diperparah karena adanya faktor resiko. Orang-orang yang bekerja di pertanian atau banyak berurusan dengan unggas menjadi salah satu orang yang beresiko terkena radang paru-paru.

Banyak kegiatan di pertanian yang melibatkan semprotan aerosol dan pestisida. Menghirup partikel airborn dari jerami berjamur jadi salah satu penyebab utama radang paru-paru. Selain itu, partikel berjamur juga bisa terjamur saat penyemaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×