kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab varises plus cara mengatasinya yang bisa Anda coba


Selasa, 05 Oktober 2021 / 12:06 WIB
Penyebab varises plus cara mengatasinya yang bisa Anda coba
ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab varises./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah vena mengalami pembengkakan. Tak hanya di bagian kaki, varises juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain. Mengetahui penyebab varises dapat memudahkan Anda untuk mencari cara pengobatan yang sesuai.

Melansir Medicine Net (medicinenet.com), varises lebih banyak dialami wanita daripada pria. Alasannya karena hormon dalam tubuh wanita membuat pembuluh darah lebih mudah mengendur. Akibatnya, katup menjadi bocor dan pembengkakan pun terjadi.

Ada beberapa gejala varises yang bisa Anda alami. Mulai dari mudah merasa lelah di bagian kaki, pembuluh darah yang bengkak terasa sakit, muncul ruam dan rasa gatal, hingga warna kulit yang berubah.

Apabila terus dibiarkan, varises bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Misalnya, inflamasi, pendarahan, kulit bersisik, dan aliran darah yang terganggu. Meski komplikasi tersebut jarang terjadi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan varises, ya.

Baca Juga: Catat, berikut posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil

Penyebab Varises

Obesitas termasuk salah satu penyebab varises.

Varises muncul saat katup dalam pembuluh darah vena mengalami gangguan. Akibatnya, darah tak bisa mengalir dengan lancar. Tekanan darah Anda juga bisa menyebabkan pembengkakan menjadi lebih parah.

Para peneliti belum bisa menentukan dengan pasti apa saja penyebab varises. Namun, ada beberapa faktor yang mampu meningkatkan risiko masalah kesehatan tersebut. Beberapa faktor yang dimaksud adalah hamil, obesitas, usia tua, terlalu lama berdiri, merokok, aktivitas fisik rendah, dan lain-lain.

Baca Juga: Bahan herbal ini bisa menghilangkan varises, simak caranya

Cara Mengatasi Varises

Penyebab varises dapat Anda hindari dengan rajin olahraga.

Sebelum komplikasi varises terjadi, ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan. Pertama, angkat kaki lebih tinggi dari posisi jantung. Lakukan hal tersebut sebanyak tiga hingga empat kali masing-masing selama 15 menit. Dengan begitu, pembengkakan bisa berkurang.

Kedua, usahakan untuk olahraga secara teratur. Kebiasaan itu membantu aliran dalam tubuh tetap lancar. Olahraga juga mampu menurunkan berat badan tubuh sehingga faktor risiko obesitas dapat Anda hindari.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi varises. Mulai dari memakai compression stocking, skleropati, ablasi termal, operasi, dan tindakan medis yang lain. Tentu saja Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapat bentuk perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Cuka apel bisa membantu menurunkan berat badan, ini cara konsumsinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×