Bahan herbal ini bisa menghilangkan varises, simak caranya

Rabu, 16 Juni 2021 | 18:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahan herbal ini bisa menghilangkan varises, simak caranya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menghilangkan varises biasanya dengan operasi. Namun ada cara lain menghilangkan varises tanpa operasi, yakni memanfaatkan bahan-bahan alami.

Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah membengkak sehingga aliran darah menjadi terganggu. Untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih parah, ada banyak cara menghilangkan varises yang perlu Anda coba.

Mengutip dari Bright Side (brightside.me), ada banyak faktor penyebab varises yang bisa Anda alami. Mulai dari hamil, jenis kelamin, duduk atau berdiri terlalu lama, berat badan, hamil, dan lain sebagainya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Namun, jika bahan-bahan ini tak menunjukkan hasil yang Anda inginkan, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Minyak Zaitun

Bahan alami pertama yang dapat dimanfaatkan sebagai penghilang varises adalah minyak zaitun. Antiinflamasi dan kandungan lain yang terdapat dalam minyak zaitun efektif mengecilkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Penyebab varikokel dan gejalanya yang perlu Anda perhatikan

Lidah Buaya, Cuka Apel, Wortel

Cara menghilangkan varises selanjutnya adalah dengan memakai lidah buaya, cuka apel, dan wortel. Nutrisi-nutrisi yang terdapat dalam beberapa bahan alami itu mampu membunuh bakteri. Artinya, risiko varises yang lebih parah dapat Anda hindari.

Pertama, campur 1 sdm ekstrak wortel, 1 sdm gel lidah buaya, dan 1 sdm cuka apel. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada varises menggunakan kapas selama beberapa menit. Anda perlu melakukan cara tersebut tiga kali dalam satu hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kubis

Kubis dapat Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan varises.

Tahukah Anda bahwa kubis dapat digunakan sebagai cara menghilangkan varises? Jenis sayuran itu dipenuhi dengan antioksidan yang bisa mencegah penggumpalan darah. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak nutrisi lain yang terkandung dalam kubis.

Mulai dari vitamin B1, vitamin C, vitamin K, dan lain-lain. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, haluskan tiga daun kubis menggunakan blender. Aplikasikan hasil olahan kubis itu pada varises secara langsung tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: Asam urat sering kumat? Infused water sereh efektif mengobati asam urat

Cabai

Bright Me merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi cabai agar varises bisa hilang dengan lebih cepat. Vitamin C, antioksidan, dan nutrisi penting lain yang ada dalam cabai efektif mencegah penggumpalan darah sehingga varises dapat berkurang.

Caranya, campur 1 sdt bubuk cabai dalam segelas air hangat lalu aduk hingga rata. Minum air cabai tersebut tiga kali dalam sehari. Usahakan untuk melakukannya secara rutin agar varises cepat hilang.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan varises yang bisa Anda coba sendiri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru