kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan varises yang bisa Anda coba sendiri


Senin, 02 November 2020 / 08:29 WIB
4 Cara menghilangkan varises yang bisa Anda coba sendiri


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Varises merupakan kondisi di mana pembuluh darah mengalami pembengkakan dan pembesaran. Hasilnya, pembuluh darah menjadi lebih nampak di kulit Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, cara menghilangkan varises dalam artikel ini layak untuk Anda coba.

Biasanya, varises dialami oleh orang dewasa. Katup pembuluh darah yang lemah menyebabkan aliran darah terganggu. Selain pembuluh darah yang lebih terlihat di permukaan kulit, ada tanda lain yang bisa Anda alami saat terkena varises.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan, sensasi terbakar terasa di kaki atau bagian tubuh lain di mana varises muncul. Kram otot juga lebih sering terjadi, apalagi di malam hari.

Tak hanya itu, kaki akan terasa lebih berat saat digerakkan. Kulit kering dan gatal juga lebih tipis saat Anda mengalami varises. Agar kondisi Anda tak semakin parah, cobalah cara menghilangkan varises berikut ini.

Baca Juga: Tiba-tiba muncul memar di tubuh, bisa jadi Anda terkena diabetes

Olahraga

Agar varises berkurang dan benar-benar hilang, aliran darah Anda harus lancar. Salah satu cara agar hal itu terjadi adalah olahraga secara rutin. Medical News Today juga mengatakan bahwa olahraga mampu menurunkan tekanan darah di mana kondisi tersebut dapat memperparah varises.

Anda bisa memilih jenis olahraga yang efektif menghilangkan varises, tapi tidak terlalu berat untuk dilakukan. Beberapa di antaranya adalah berenang, bersepeda, berjalan, atau yoga.

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan berserat bisa jadi cara menghilangkan varises.

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan varises menjadi lebih parah. Salah satunya adalah makanan yang mengandung banyak garam dan sodium. Jenis makanan tersebut perlu Anda hindari karena dapat menyumbat air dalam tubuh.

Alih-alih mengonsumsi salmon, kacang almond, dan tuna, Anda bisa menggantinya dengan makanan kaya serat. Mengonsumsi makanan berserat akan menghindarkan Anda dari sembelit yang membuat Anda kesulitan untuk mengejan sehingga varises menjadi lebih mudah hilang.

Baca Juga: Varises vagina, berbahayakah?

Gunakan Pakaian Longgar

Cara menghilangkan varises lainnya yang direkomendasikan Medical News Today adalah dengan menggunakan pakaian longgar. Pakaian yang terlalu ketat bisa menghambat aliran darah. Artinya, kemungkinan mengalami varises juga semakin besar.

Untuk menghindari hal tersebut, baju dan celana longgar bisa jadi pilihan agar aliran darah menuju tubuh bagian bawah tak terganggu. Selain memakai pakaian yang tak ketat, ada baiknya juga untuk menghindari high heels.

Pijat

Anda bisa memijat daerah di sekitar varises dengan minyak atau pelembab agar aliran darah bisa lancar. Namun, pastikan untuk tidak memijat varises secara langsung karena bisa merusak jaringan.

Selanjutnya: Anda menderita ambeien? Ini cara mengobati ambeien secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×