kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,58   -6,78   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cuka apel bisa membantu menurunkan berat badan, ini cara konsumsinya


Jumat, 24 September 2021 / 07:35 WIB
Cuka apel bisa membantu menurunkan berat badan, ini cara konsumsinya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan secara alami. Salah satu cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cuka apel? 

Banyak orang telah menggunakan cuka apel untuk mengatasi gangguan kesehatan selama berabad-abad. Sebelum ada insulin, cuka apel banyak digunakan untuk mengobati diabetes.

Melansir dari Medical News Today, pada dasarnya, produsen membuat cuka apel dengan terlebih dahulu mengambil sari apelnya. Kemudian, sari apel tersebut dicampur dengan gula dan ragi, kemudian difermentasi dalam waktu tertentu.

Proses ini tentu saja menghasilkan alkohol. Namun, strain bakteri tertentu kemudian mengubah alkohol menjadi asam asetat. Ketika semua alkohol hilang, campuran menjadi cuka apel.

Karena cuka apel mengandung bakteri dan ragi, beberapa orang mengeklaim itu adalah sumber probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Ciri-ciri obesitas pada anak-anak & orang dewasa bisa dikenali dengan 3 cara berikut

Cuka apel membantu menurunkan berat badan

Bukti menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu menurunkan berat badan ketika orang menggabungkannya dengan diet rendah kalori dan olahraga teratur. Sebuah studi tahun 2018 terhadap 39 orang menganalisis dampak diet rendah kalori dan cuka sari apel dengan diet rendah kalori biasan selama 12 minggu.

Peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi cuka apel: dapat menurunkan lebih banyak berat badan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida mereka.

Temuan ini menunjukkan bahwa cuka apel dapat menjadi cara untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, studi kecil lainnya dengan 20 peserta melihat efek mengonsumsi 20 mililiter cuka sari apel per hari dalam air.

Para peneliti menemukan BMI yang lebih rendah pada 10 orang yang kelebihan berat badan dan glukosa puasa yang lebih rendah pada 10 subjek lain yang menderita diabetes tipe 2.

Cara menurunkan berat badan dengan cuka apel

Studi tahun 2009 menemukan bahwa mengonsumsi sedikit cuka setiap hari efektif sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Lalu bagaimana cara konsumsi cuka apel untuk menurunkan berat badan?

Seseorang dapat konsumsi cuka apel untuk menurunkan berat badan dengan cara berikut: Sebagai pelengkap sebagai tonik dicampur dalam makanan dan minuman

Seseorang yang ingin menurunkan berat badan dapat mencoba mencampurkan sedikit cuka apel dengan air setiap hari. Contohnya mungkin 1-2 sendok teh dalam segelas air, bersama dengan diet rendah kalori dan peningkatan aktivitas fisik.

Cuka apel juga bekerja dengan baik ketika orang mencampurnya dengan minyak zaitun sebagai saus salad.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan lainnya

Cuka sari apel mungkin memiliki manfaat kesehatan lain bagi sebagian orang. Ada bukti awal yang menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu:

  • mengontrol kadar gula darah
  • mendukung pengobatan varises
  • membunuh  bakteri dan jamur berbahaya

Studi lain menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu penyembuhan luka, meningkatkan kesehatan otak, dan mengurangi tekanan darah. Namun, para peneliti belum mereplikasi hasil ini pada manusia, jadi tidak jelas apakah cuka apel akan memiliki manfaat yang sama.

Beberapa orang mengeklaim bahwa cuka sari apel membantu tubuh mengeluarkan racun, tetapi bukti ilmiah tidak mendukung teori ini. Cuka sari apel bukanlah pengganti perawatan medis, terutama untuk kondisi yang mencakup diabetes, tekanan darah tinggi, atau infeksi serius. Siapa pun dengan kondisi ini harus mencari nasihat dari dokter.

Efek samping cuka apel

Cuka sari apel biasanya aman, tetapi mungkin memiliki efek samping atau kerugian bagi sebagian orang. Keasaman cuka sari apel dapat mengikis email gigi, terutama jika seseorang mengonsumsinya dalam keadaan murni. Untuk alasan ini, seseorang perlu mengencerkan cuka sari apel dalam makanan atau minuman.

Efek samping dan interaksi potensial lainnya meliputi : mual refluks asam yang memburuk mengubah kadar insulin memperburuk kadar kalium rendah Cuka sari apel juga dapat membebani ginjal jika orang memiliki kondisi ginjal kronis. Jika seseorang memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya atau minum obat apa pun, mereka harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba cuka sari apel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cuka Apel",


Penulis : Galih Pangestu Jati
Editor : Galih Pangestu Jati

Selanjutnya: 8 Kebiasaan penyebab perut buncit dan cara mengecilkannya secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×