Kesehatan Umum

Penyebab dan gejala diabetes yang bisa terjadi

Selasa, 01 September 2020 | 12:27 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Penyebab dan gejala diabetes yang bisa terjadi

ILUSTRASI. Gejala diabetes perlu segera diobati agar kondisi kesehatan tak semakin parah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diabetes atau diabetes mellitus adalah kelompok penyakit yang mempengaruhi penggunaan gula darah dalam tubuh. Gejala diabetes yang terjadi bisa berbeda-beda. Variasi gejala diabetes dipengaruhi oleh seberapa banyak jumlah gula darah dalam tubuh.

Gula darah atau glukosa penting dalam tubuh karena berfungsi sebagai sumber energi. Namun, saat jumlahnya terlalu banyak bisa menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit diabetes kronis dibedakan jadi dua macam, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Gejala Diabetes

Pada awalnya, gejala diabetes tak dialami oleh mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 2 atau prediabetes. Gejala diabetes dialami lebih cepat dan lebih parah bagi penderita diabetes tipe 1. 

Baca Juga: Waspada, ini ciri-ciri diabetes dari luka yang muncul di kulit

Meski demikian, Mayo Clinic menyebutkan beberapa gejala diabetes yang umum dialami oleh penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Beberapa gejala diabetes yang biasanya muncul adalah rasa haus dan lapar meningkat, sering buang air kecil, kemampuan penglihatan berkurang, dan lain-lain.

Gejala diabetes tipe 1 lebih banyak dialami oleh anak-anak atau remaja. Sedangkan gejala diabetes tipe 2, meski bisa dialami oleh semua usia, biasanya terjadi pada seseorang yang berusia lebih dari 40 tahun.

Jika Anda mendapati gejala diabetes pada anak-anak, segera periksakan ke dokter. Jangan sampai menunda pemeriksaan karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan anak. Bila gejala diabetes muncul, penting untuk mengikuti perawatan yang disarankan dokter.

Penyebab Munculnya Gejala Diabetes

Melansir dari Mayo Clinic, penyebab munculnya gejala diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti. Sistem imun yang seharusnya melawan bakteri atau virus, justru menyerang produksi insulin. Akibatnya, glukosa menumpuk di aliran darah dan tidak bisa terdistribusi ke sel-sel tubuh.

Baca Juga: Inilah cara perawatan luka diabetes agar tidak diamputasi

Pada penyakit diabetes tipe 2, sel dalam tubuh menjadi resistan terhadap insulin. Pankreas kewalahan untuk menghasilkan insulin untuk mengatasi hal tersebut sehingga glukosa menumpuk dalam darah. Sama seperti penyebab diabetes tipe 1, penyebab gejala diabetes tipe 2 juga tak bisa ditentukan.

Faktor genetik dan lingkungan memiliki kemungkinan besar jadi penyebab munculnya gejala diabetes. Mayo Clinic menyebutkan bahwa obesitas juga bisa jadi penyebabnya. Namun, ada pula penderita diabetes tipe 2 yang tidak mengalami obesitas jadi faktor ini belum bisa dibuktikan.

Gejala diabetes perlu segera diobati agar kondisi tubuh tak semakin parah. Jika dibiarkan, gejala diabetes bisa menyebabkan penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, penyakit sistem saraf, penyakit ginjal, dan lain sebagainya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru