Penyakit mata dan telinga bisa dialami pasien Covid-19

Jumat, 19 November 2021 | 13:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyakit mata dan telinga bisa dialami pasien Covid-19

ILUSTRASI. Salah satu efek Covid-19 adalah mengganggu kesehatan mata Anda.

KONTAN.CO.ID - Infeksi virus corona tidak hanya mengganggu sistem pernapasan. Ada banyak efek Covid-19 lain, salah satunya masalah kesehatan yang bisa dialami pasien adalah penyakit telinga atau penyakit mata.

Melansir The Science Times, sebanyak 10% orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami masalah pada mata atau telinga. Kondisi itu tidak berlangsung dalam waktu singkat atau bertahan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Masalah itu adalah iritasi mata, gangguan pendengaran, dan menurunnya keseimbangan tubuh. Penyakit mata lainnya yang berhubungan dengan infeksi Covid-19 ialah konjungtivis, mata gatal, pandangan mengabur, dan sensitif terhadap cahaya.

Covid-19 juga bisa membuat pasien sering merasa pusing atau mengalami vertigo. Telinga berdengung juga sering dialami oleh banyak orang akibat penyakit tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak kondisi lain yang meski jarang terjadi, tetap berhubungan dengan dampak buruk Covid-19.

Baca Juga: Tempat-tempat ini punya risiko penularan Covid-19 tinggi

Baca Juga: Cara mencegah Virus Corona di bioskop yang bisa Anda lakukan

Infeksi virus corona bisa mengganggu kesehatan kulit Anda. Muncul ruam dan perubahan warna kulit di sekitar jari tangan dan kaki.

Biasanya, kondisi itu lebih banyak dialami oleh anak-anak. Pada umumnya, masalah kulit karena Covid-19 itu bisa sembuh dalam waktu 10-14 hari.

Namun, bukan berarti Anda tak perlu ke dokter, ya. Segera periksakan diri Anda supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Selain masalah pada mata, telinga, dan kulit, Covid-19 juga bisa menimbulkan masalah pada sistem pencernaan dan menyebabkan Anda mudah bingung.

Untuk tetap terhindar dari Covid-19, ada beberapa cara mencegah virus corona yang sebaiknya Anda praktikkan.

Pertama, usahakan untuk segera mendapat vaksinasi. Kedua, selalu pakai masker dengan benar, jaga jarak, dan cuci tangan memakai sabun dan air atau hand sanitizer.

Selanjutnya: Cegah kanker, inilah buah dan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru