Penyakit Herpes: penyebab, gejala, dan obatnya

Jumat, 24 September 2021 | 14:42 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Penyakit Herpes: penyebab, gejala, dan obatnya

ILUSTRASI. herpes

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Herpes adalah penyakit menular yang disebabkan infeksi virus. Penyakit herpes sendiri dikaitkan dengan penyakit kulit yang diderita cukup banyak orang di dunia. 

Sesuai namanya, penyakit herpes disebabkan oleh virus bernama herpes atau HSV. Di dunia, sebenanya ada beberapa varian herpes yakni HSV-1 dan HSV-2. 

Penyakit herpes muncul pada berbagai bagian tubuh, namun paling umum terjadi pada area mulut yang disebabkan karena virus HSV-1, dan alat kelamin karena infeksi virus HSV-2. 

Penyebab penyakit herpes

Virus herpes adalah virus menular yang dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung. Anak-anak akan sering tertular HSV-1 dari kontak awal dengan orang dewasa yang sebelumnya terinfeksi herpes.

Siapa pun dapat tertular HSV, tanpa memandang usia selama orang tersebut seringkali berkontak fisik dengan mereka yang tertular. Selain itu, penyebaran penyakit herpes adalah kontak alat kelamin seperti melakukan hubungan seksual, termasuk seks oral. Dalam kasus HSV menular seksual, orang lebih berisiko ketika mereka berhubungan seks tanpa kondom.

Beberapa mereka yang rentan terkena herpes adalah: 

  • Memiliki banyak pasangan seks
  • Sistem kekebalan tubuh lemah seperti karena HIV
  • Menderita infeksi menular seks
  • Bayi yang dilahirkan dari wanita hamil yang membawa herpes
  • Hidup bersama dan berbagi alat seperti sabun, handuk, dan sebagainya. 

Baca Juga: ​Methylprednisolone: Kegunaan, indikasi medis, dan efek sampingnya

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru