Pentingnya menjaga vitamin B kompleks dalam tubuh

Senin, 24 Agustus 2020 | 13:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pentingnya menjaga vitamin B kompleks dalam tubuh

ILUSTRASI. Kulit kering di sekitar mampu bisa jadi tanda tubuh kekurangan vitamin B kompleks. REUTERS/Neil Hall

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Tiap vitamin B memiliki peran penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Tubuh yang kekurangan vitamin B kompleks tentu saja bisa mendatangkan banyak penyakit.

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa vitamin B kompleks berdampak pada jumlah energi, fungsi otak, dan metabolisme sel. Vitamin B kompleks mampu mencegah infeksi dan meningkatkan kesehatan sel, pertumbuhan sel darah merah, penglihatan, pencernaan, sistem saraf, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Deretan manfaat vitamin B12 untuk kesehatan tubuh Anda

Vitamin B kompleks cukup penting bagi wanita hamil dan menyusui. Vitamin-vitamin ini mampu mendukung perkembangan otak janin dan mengurangi resiko cacat lahir. Selain itu, vitamin B kompleks juga dapat mengurangi rasa mual.

Untuk laki-laki, vitamin B kompleks memiliki fungsi untuk meningkatkan jumlah testosteron yang berkurang seiring bertambahnya usia. Selain itu, otot dan energi bisa bertambah karena vitamin-vitamin tersebut.

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks

Umumnya, seseorang bisa mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks dari makanan-makanan yang dikonsumsi setiap hari. Namun, ada pula orang-orang yang memiliki tubuh kekurangan vitamin B kompleks.

Mengutip dari Healthline, ada beberapa gejala yang muncul saat tubuh kekurangan vitamin B kompleks. Beberapa gejalanya adalah munculnya ruam pada kulit, kulit pecah dan bersisik di sekitar mulut, lidah bengkak, depresi, mual, diare, dan lain sebagainya.

Gejala-gejala tersebut bisa saling tumpang-tindih dengan gejala penyakit lainnya. Maka dari itu, segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala-gejala yang muncul.

Baca Juga: Cara menghilangkan komedo agar kulit terlihat lebih cantik

Gejala tubuh kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan kondisi kesehatan lainnya ikut terganggu. Jika gejala tidak segera ditangani, Anda bisa mengalami anemia, masalah pencernaan, infeksi, peripheral neuropathy, dan masalah kulit.

Ada banyak makanan yang bisa dijadikan sumber vitamin B kompleks. Healthline mengatakan bahwa Anda bisa menemukan vitamin B kompleks dalam keju, susu, telur, daging, ikan, sayuran, kacang, biji, buah, dan lain-lain.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru