kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penting, begini tips lari sambil menggunakan masker


Sabtu, 19 September 2020 / 08:07 WIB
Penting, begini tips lari sambil menggunakan masker
ILUSTRASI. Warga berolahraga lari di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (6/6/2020). Pemakaian masker sebaiknya Anda lakukan saat olahraga lari.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Ketika beraktivitas di luar ruangan di tengah pandemi virus corona baru, setiap orang harus memakai masker. Bahkan, pemakaian masker sebaiknya Anda lakukan saat olahraga lari.

Selama tidak memaksakan diri dan melakukannya sesuai anjuran para ahli kesehatan, maka olahraga lari tetap bisa Anda lakukan di tengah pandemi virus corona. Tapi, tetap pakai masker, ya.

Pemakaian masker kala beraktivitas di luar ruangan merupakan bagian dari protokol kesehatan. Melansir situs resmi Milo Indonesia, begini tips lari sambil menggunakan masker:

1. Perhatikan jenis masker yang Anda gunakan

Menurut Grayson Wickham, ahli kebugaran asal Amerika Serikat, tips lari yang nyaman saat menggunakan masker adalah memilih jenis atau bahan masker yang tepat. 

Sebaiknya, gunakan masker yang terbuat dari bahan katun, polyester, atau spandeks karena tidak terlalu tebal. Jadi, sirkulasi udaranya lebih baik. 

Hindari menggunakan masker medis seperti N95 lantaran pasokan oksigennya lebih sedikit dibanding saat pakai masker kain.

Baca Juga: Senjata lawan virus corona, ini 8 cara mendongkrak imunitas tubuh

2. Sesuaikan dengan kondisi tubuh

Grayson Wickham menjelaskan, penggunaan masker saat olahraga bisa membuat latihan fisik lebih berat dan gampang lelah. Hal ini wajar, mengingat udara yang masuk ke tubuh lebih sedikit karena terhalang masker. 

Pasokan oksigen yang berfungsi mengubah gula menjadi energi juga akan ikut berkurang, sehingga tubuh cepat lemas dan kurang semangat. Oleh sebab itu, lihat kondisi tubuh saat berlari. 

Jika Anda merasa pusing atau terlalu letih saat berlari, sebaiknya istirahat dan tidak memaksakan diri.

Baca Juga: Perhatikan 5 tanda sistem imunitas tubuh Anda sedang turun




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×