kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perhatikan 5 tanda sistem imunitas tubuh Anda sedang turun


Jumat, 18 September 2020 / 04:05 WIB
Perhatikan 5 tanda sistem imunitas tubuh Anda sedang turun


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Menjaga sistem imunitas sangat penting di tengah masa pandemi ini. Pasalnya, sistem imun yang lemah bisa membuat kita berisiko besar mengalami infeksi atau tertular berbagai penyakit.

Sistem imun memang bertugas melindungi kita dari berbagai penyakit, infeksi, dan mempercepat pemulihan setelah sakit. Sistem ini terdiri dari sel darah putih, antibodi, dan berbagai komponen lain, termasuk kelenjar getah bening, untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.

Namun, banyak faktor yang bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh sehingga kita rentan jatuh sakit. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah biasanya rentan mengalami gangguan autoimun, peradangan pada organ internan, anemia, dan gangguan pencernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat bawang putih untuk kesehatan beserta efek sampingnya

Pada anak-anak, sistem imunitas yang lemah juga bisa membuat mereka mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan.

 

Tanda sistem imun lemah

Melemahnya sistem imun biasanya membuat kita mudah jatuh sakit dan sering merasa lelah. Selain itu, seringkali sistem imun yang melemah tidak disertai gejala awal yang jelas sehingga banyak orang tak menyadarinya.

Menghimpun data Penn Medicine, berikut tanda awal melemahnya sistem imun:

1. Tingkat stres sangat tinggi

Berdasarkan laporan American Psychological Association, stres jangka panjang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut pakar pengobatan internal Nadia Hasan, stres bisa menurunkan limfosit tubuh atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi. "Semakin rendah tingkat limfosit, semaki tinggi risiko kita terkena infeksi," ucapnya.

Baca Juga: Cara mengecilkan perut buncit bisa pakai 5 jenis makanan ini

2. Sering pilek atau meriang

Meriang atau pilek memang bisa sembuh dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari. Sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan patogen penganggu.

Namun, terus-menerus pilek dan meriang bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh kita.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×