kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengertian Diet Kolagen & Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi


Sabtu, 21 Oktober 2023 / 04:10 WIB
Pengertian Diet Kolagen & Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi
ILUSTRASI. Kolagen adalah salah satu protein terpenting untuk tubuh. Ini adalah serat jaringan terkuat yang membentuk jaringan ikat.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

DAFTAR MAKANAN DENGAN KOLAGEN TINGGI - Ada beberapa daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi. Banyak orang yang mencari tahu tentang hal ini karena beberapa waktu terakhir, kolagen tengah booming di industri kesehatan dan kebugaran. 

Sebelum membahas mengenai daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi, ada baiknya mengetahui manfaat dari mengonsumsi kolagen. 

Makanan yang mengandung kolagen tinggi tidak hanya bermanfaat bagi kulit dan rambut seseorang. Akan tetapi juga memberikan kekuatan pada otot dan persendiannya. 

Nah, belakangan, istilah diet kolagen ramai dibicarakan. Namun, sebelum membahas mengenai diet kolagen, ada baiknya kita bahas mengenai apa itu kolagen dan manfaat makanan yang mengandung kolagen tinggi. 

Pengertian kolagen

Melansir Stylecraze, kolagen adalah salah satu protein terpenting untuk tubuh. Ini adalah serat jaringan terkuat yang membentuk jaringan ikat. 

Kulit, rambut, tulang, kuku, persendian, otot, pembuluh darah, tulang rawan, sel, plasenta, dan organ lainnya memiliki kolagen di dalamnya. 

Kolagen terdiri dari tiga rantai alfa. Setiap rantai alfa terdiri dari ribuan asam amino (bahan penyusun protein), dengan glisin, prolin, dan hidroksiprolin menjadi yang paling melimpah.

Baca Juga: Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Kolagen adalah bagian penting dari jaringan ikat yang bertanggung jawab untuk memberikan struktur, elastisitas, dan kekencangan pada tubuh Anda. 

Makanan kaya kolagen memperkuat produksi kolagen alami tubuh Anda dengan merangsang fibroblas (sel di kulit) yang membuat kolagen.

Pengertian diet kolagen

Mengutip Medicinnet, diet kolagen adalah cara makan yang membatasi asupan gula dan menggabungkan makanan kaya kolagen, suplemen makanan kolagen, atau makanan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen. 

Mari kita lihat beberapa fakta singkat tentang diet kolagen:

- Kolagen adalah istilah umum untuk protein struktural di kulit dan jaringan ikat.

- Diet kolagen adalah pola makan dengan mengonsumsi makanan tinggi kolagen yang menurut beberapa laporan dapat meningkatkan kulit dan kecantikan. Para ahli umumnya sepakat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian sebelum klaim ini dapat dibuktikan.

- Penurunan kolagen seiring bertambahnya usia dapat menyebabkan masalah kulit dan rambut.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

- Diet kolagen relatif aman jika diawasi dengan cermat.

- Suplemen kolagen relatif aman asalkan dosis maksimalnya adalah 20 gram per hari. Namun, beberapa suplemen telah ditentukan tidak aman karena kontaminasi virus atau kandungan racun.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×