kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi Selain Jeruk


Rabu, 18 Oktober 2023 / 15:07 WIB
Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi Selain Jeruk
ILUSTRASI. Ini 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi Selain Jeruk


Penulis: Bimo Kresnomurti

Buah Mengandung Vitamin C - JAKARTA. Simak sederet buah dengan kandungan vitamin C tinggi selain jeruk. Konsumsi vitamin dari bahan alami seperti buah diperulakan agar gizi seimbang.

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air dan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat dan peran utama dari vitamin C:

  • Kekebalan Tubuh: Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Antioksidan: Sebagai antioksidan, vitamin C melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat terkait dengan penuaan dini dan perkembangan penyakit kronis.
  • Kolagen: Vitamin C adalah komponen penting dalam pembentukan kolagen, suatu protein yang membangun struktur kulit, tulang, gigi, dan jaringan ikat. Kolagen membantu menjaga kulit tetap sehat, elastis, dan mencegah keriput.
  • Penyerapan Zat Besi: Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-heme (zat besi dari sumber tumbuhan) dari makanan. Ini bermanfaat terutama bagi orang yang mengonsumsi diet vegetarian atau vegan.
  • Kesehatan Gusi dan Gigi: Vitamin C membantu mencegah masalah gusi seperti gusi berdarah, gusi membengkak, dan penyakit gusi lainnya.

Sebagai catatan, nilai harian (DV) untuk setiap makanan didasarkan pada konsumsi 90mg vitamin C per hari.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

Vitamin C

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, sertakan beberapa makanan sehat berikut dalam diet Anda.

Simak daftar buah yang mengandung vitamin C tinggi selain buah Jeruk dilansir dari Health.com.

Buah yang mengandung vitamin C 

1. Jambu biji

Vitamin C dari Jambu Biji memiliki nilai harian sebesar 417%. Jambu biji cukup memiliki nilai besar dengan 376mg vitamin C per porsi. 

Nah, keseluruhan tanaman jambu biji mulai dari akar hingga daunnya. Bagian jambu biji lainnya dapat bermanfaat untuk kondisi seperti diabetes, tekanan darah, dan peradangan.

2. Buah Kiwi

Konsumsi buah kiwi mengandung 134mg vitamin C. Selain itu, sebuah ulasan menyebutkan buah berbulu halus ini memiliki manfaat lain seperti sifat antikanker, antidiabetes, dan antiinflamasi.

3. Mangga

Potongan mangga tercatat 60,1 mg vitamin C, sementara satu buah mangga mengandung 122 mg vitamin C. Mangga juga merupakan sumber beta-karoten dan antioksidan lain yang terkait dengan kesehatan mata.

Mangga yang lebih kuning memiliki lebih banyak karotenoid (meningkatkan kesehatan mata), sedangkan mangga yang warnanya lebih merah memiliki lebih banyak sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

4. Pepaya

Vitamin C dari Pepaya memiliki nilai harian sebesar 98,11-106,22%. Sehingga, dalam satu porsi buah tropis ini menghasilkan 88 mg vitamin C, namun versi kecil dari buah utuh bisa mengandung 95,6 mg. 

Selain kandungan vitamin C-nya, pepaya juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti sifat antiinflamasi, antioksidan, anti penuaan, dan penyembuhan luka.

5. Stroberi

Vitamin C dari buah stroberi memiliki nilai harian sebesar 108,89%. Beberapa irisan stroberi mengandung 98mg vitamin C.Stroberi adalah sumber antioksidan dan mineral seperti potasium dan kalsium.

6. Nanas

Vitamin C dari Nanas memiliki nilai harian sebesar 87,67%. Sehingga, secangkir nanas mengandung 78,9mg vitamin C.

Adapun penelitian menemukan manfaat kesehatan lainnya: nanas dapat membantu melancarkan pencernaan dan memiliki sifat antikanker, antidiabetes, dan antihipertensi.

Vitamin C adalah nutrisi penting yang perlu diambil melalui makanan seimbang atau suplemen, terutama jika diet Anda kurang mengandung cukup vitamin C. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C.

Demikian informasi terkait buah yang memiliki vitamin C tinggi selain jeruk yang praktis untuk dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×