kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami


Rabu, 18 Oktober 2023 / 12:07 WIB
Ini 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami
ILUSTRASI. Ini 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dengan Bahan Alami


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan bahan alami. Dengan memakainya secara teratur, produksi minyak kulit bisa berkurang sehingga masalah kulit, seperti jerawat dan komedo pun tak lagi dialami.

Kulit wajah berminyak merupakan kondisi di mana kelenjar minyak (kelenjar sebaceous) pada kulit wajah menghasilkan sebum (minyak) secara berlebihan. Sebum merupakan cairan alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak dan berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan terlindungi.

Pada kulit yang berminyak, kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak dari yang diperlukan.

Hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon, pola makan, perawatan kulit yang tidak tepat, atau pengaruh lingkungan.

Baca Juga: Catat, Ini 7 Makanan Mengandung Zinc atau Seng untuk Melawan Jerawat

Wajah berminyak

Beberapa ciri khas kulit wajah berminyak meliputi:

  • Tampilan Mengkilap: Wajah tampak mengkilap dan berminyak, terutama di area dahi, hidung, dan dagu (T-zone).
  • Pori-Pori Memperbesar: Pori-pori kulit terlihat lebih besar dan cenderung tersumbat oleh kotoran dan sel-sel kulit mati.
  • Jerawat dan Komedo: Kulit berminyak cenderung lebih rentan terhadap jerawat, komedo (blackhead dan whitehead), dan jerawat.
  • Makeup Sulit Menempel: Makeup mungkin sulit untuk menempel dan lebih cepat luntur pada kulit yang berminyak.
  • Rasa Berat atau Kotor: Beberapa orang dengan kulit berminyak mungkin merasa kulit terasa berat atau kotor.

Ada banyak produk perawatan kulit berminyak yang dijual di pasaran. Namun, beberapa produk justru bisa membuat kulit iritasi.

Alasannya karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami.

Ramuan bahan alami pilihan

Selain mudah didapat, cara memakai bahan-bahan alami bisa Anda coba dari rumah dilansir dari laman Healthline.

1. Krim lidah buaya

Untuk mengatasi kulit wajah berminyak yang tak boleh ketinggalan adalah dengan memakai lidah buaya. Selain mengontrol produksi minyak, antimikroba dalam lidah buaya juga efektif mengobati jerawat.

Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

2. Masker Timun

Penelitian dari School of Botanical and Medical Aesthetics merekomendasikan timun untuk mengatasi kulit berminyak. Ada banyak nutrisi dalam bahan alami itu yang efektif mengontrol produksi minyak. Mulai dari vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, potong timun menjadi irisan kecil. Gosokkan irisan timun itu pada kulit wajah lalu diamkan selama semalaman. Di pagi hari, bilas wajah dengan air hangat.

3. Kompres Lemon

Lemon bisa menjadi salah satu bahan yang cocok digunakan pemilik tipe kulit berminyak. Pertama, campur 1 sdt air lemon dengan ½ sdt air suling.

Aplikasikan campuran itu pada kulit wajah yang berminyak menggunakan kapas selama 10 menit lalu bilas dengan air.

4. Masker madu

Selain memiliki rasa yang lezat, madu juga bisa mengurangi produksi minyak kulit. Oleskan madu pada wajah kemudian diamkan dulu selama 10 menit atau sampai kering. Setelah itu, bersihkan wajah memakai air hangat.

5.  Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan astringen alami yang membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Anda bisa mengikuti panduan penggunaannya dengan kantong teh hijau. Anda bisa menggunakan sisa kantong teh hijau yang sudah dipakai sebagai kompres dingin pada wajah kemudian lakukan secara teratur.

6. Ramuan masker buah

Terakhir, ada ramuan yang diklaim bisa mengatasi wajah berminyak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pisang.

Sama seperti timun, pisang dipenuhi dengan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit berminyak. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur pisang dengan susu dan oatmeal.

Mulai dengan menumbuk satu buah pisang matang hingga halus. Selanjutnya, tambahkan 1 sdm susu dan 2 sdm oatmeal. Setelah teraduk rata, gosokkan pada wajah selama lima menit kemudian diamkan dulu selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Perawatan untuk kulit wajah berminyak meliputi pembersihan teratur, penggunaan produk yang sesuai dengan jenis kulit, penggunaan pelembap ringan yang tidak menyebabkan kulit lebih berminyak, dan rutin menggunakan bahan yang membantu mengontrol produksi minyak.

Anda bisa menggunakan bahan alami di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×