Tips Sehat

Pemerintah minta Anda jangan lepas masker corona saat bertemu rekan kerja

Selasa, 14 Juli 2020 | 07:49 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Pemerintah minta Anda jangan lepas masker corona saat bertemu rekan kerja

ILUSTRASI. Meski bertemu dengan teman atau kolega, masker corona tidak boleh dilepaskan untuk menjaga kesehatan. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada 13 Juli 2020, dr. Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 melaporkan perkembangan kasus melalui siaran langsung di saluran Youtube BNPB Indonesia. Dalam laporan tersebut, Yuri juga mengimbau masyarakat tetap memakai masker corona dengan benar.

Menjaga jarak dengan orang lain dan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir adalah protokol kesehatan yang wajib dilakukan. Selain itu, disiplin memakai masker corona bisa dijadikan upaya untuk memutus sebaran virus corona. Namun, protokol kesehatan tersebut nyatanya belum dilakukan dengan benar.

Baca Juga: Catat, begini cara menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat pergi ke mal

“Kita harus meyakini bahwa menggunakan masker harus dilakukan, sekalipun kita merasa berada di tengah orang-orang yang sudah kita kenal, merasa di tengah-tengah kolega kita, rekan kerja kita yang setiap hari sudah kita kenal. Tetap gunakan masker karena kesalahan justru terjadi di tempat yang seperti itu,” ucap Yuri.

Selain mengimbau untuk tetap memakai masker corona dengan benar, Yuri juga mengingatkan untuk melakukan protokol kesehatan saat menggunakan kendaraan umum.

Tak hanya menggunakan masker dan menjaga jarak, Yuri mengimbau agar Anda tidak berbicara, tidak makan, dan tidak minum selama berada dalam moda trasnportasi tersebut. Jika memang harus berbicara dengan orang lain, usahakan untuk tetap menjaga jarak dan tidak mendekat ke lawan bicara.

Baca Juga: Cara membuat face shield tameng corona, bisa Anda lakukan sendiri

Kondisi ruang kerja Anda juga perlu memiliki sirkulasi udara yang baik. Yuri mengatakan, sebaran virus corona bisa dilakukan oleh droplet yang ukurannya kecil dan melayang di udara dalam waktu yang relatif lama.

Jika kondisi ruang kerja tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, atau bahkan tidak memiliki sirkulasi udara sama sekali, tentu saja hal tersebut cukup berbahaya untuk kesehatan Anda.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru