kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,51   -30,21   -3.13%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah mengingatkan, waspada di ruang publik dan transportasi umum


Jumat, 17 Juli 2020 / 03:58 WIB
Pemerintah mengingatkan, waspada di ruang publik dan transportasi umum
ILUSTRASI. Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona Achmad Yurianto saat memberikan keterangan di Graha BNPB, Jakarta.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BNPB Indonesia kembali menyiarkan Perkembangan Penanganan Covid-19 pada 16 Juli 2020. Dalam siaran tersebut, dr. Achmad Yurianto sebagai juru bicara pemerintah menyampaikan bahwa kasus corona akhir-akhir ini sangat signifikan, terutama pada kelompok konfirmasi positif asimtomatik.

Itu berarti angka hunian rumah sakit bisa turun sehingga berkontribusi pada penurunan kasus meninggal. Namun, hal tersebut juga harus diwaspadai. Orang-orang yang terkonfirmasi positif asimtomatik harus menjalani isolasi mandiri. Jika tidak, dikhawatirkan justru mereka menjadi sumber penularan di tengah masyarakat.

Baca Juga: 4 obat herbal turun panas anak yang ampuh khasiatnya

Yuri juga mengatakan bahwa masih adanya peningkatan kasus corona di Indonesia merupakan akibat kurang disiplinnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja. Sirkulasi udara di ruang kerja belum sesuai dengan imbauan yang diberikan.

Masih banyak ruang kerja yang mengandalkan pendingin ruangan, padahal justru membuat sirkulasi udara tidak sehat.

Masih banyak orang yang memakai masker dengan cara yang kurang benar. Yuri mengimbau, meski berada di ruangan dengan rekan kerja yang sudah dikenal baik, masker tetap tidak boleh ditanggalkan.

Cara memakai masker juga masih harus diperhatikan. Usahakan untuk memakai masker yang menutupi hidung dan mulut dan jangan menurunkannya ke dagu.

Baca Juga: Inilah vitamin terbaik untuk imun tubuh

Membiasakan Diri untuk Menjalani Adaptasi Baru

Kasus corona di Indonesia bisa berkurang jika masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, adaptasi baru juga harus dibiasakan. Yuri mengatakan bahwa masyarakat harus lebih waspada saat berada di ruang publik atau transportasi umum. 

Misalkan saat makan siang. Tetap jaga jarak dengan orang lain saat berada di tempat makan. Usahakan untuk tidak berbicara saat makan di tempat umum karena hal tersebut memiliki resiko transmisi virus corona. Hal yang sama juga berlaku saat Anda menaiki transportasi umum, seperti kereta, bus, atau yang lainnya.

Di akhir laporannya, Yuri juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan agar tetap produktif. Yuri juga mengatakan bahwa kegiatan apapun yang dilakukan di luar rumah jangan sampai beresiko membawa virus corona masuk ke rumah karena ada anggota keluarga yang rentan terkena virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×