Pelembab bibir yang efektif mengatasi bibir pecah-pecah

Kamis, 07 Oktober 2021 | 11:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pelembab bibir yang efektif mengatasi bibir pecah-pecah

ILUSTRASI. Pelembab bibir bisa Anda coba dengan minyak zaitun, madu, dan bahan yang lain.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelembab bibir Anda butuhkan untuk mengatasi kondisi bibir yang kering. Jika tidak, bibir bisa semakin kering dan pecah-pecah yang meningkatkan risiko efektif. Tak perlu khawatir, ada banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan.

Anda perlu mengetahui dulu faktor apa saja yang jadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah bisa terjadi karena cuaca di sekitar Anda, paparan sinar matahari, makanan pedas, merokok, atau dehidrasi.

Makanya, penting bagi Anda untuk Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Usahakan untuk minuman delapan gelas air putih per hari. Nah, bahan alami di bawah ini berguna untuk menambah kelembaban bibir.

Teh Hijau

Firstpost (firstpost.com) merekomendasikan teh hijau untuk melembabkan bibir Anda. Jenis teh hijau itu mengandung banyak antioksidan yang bisa menghidrasi bibir dengan baik. Anda hanya perlu mengaplikasikan kantung teh hijau yang telah dicelupkan di air hangat pada bibir Anda.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi bibir kering, tak hanya dengan madu

Lemon dan Madu

Pelembab bibir bisa berasal dari lemon.

Lemon dan madu juga bisa dikombinasikan sebagai pelembab bibir, lo. Pertama, campur lemon dan madu sampai berbentuk pasta. Oleskan masker itu pada bibir selama 10 menit kemudian bersihkan dengan air. 

Supaya hasilnya bisa maksimal, usahakan untuk melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali per minggu. Kandungan-kandungan dalam bahan alami itu mampu membersihkan sel kulit mati sehingga pelembab bisa masuk ke bibir dengan lebih maksimal.

Madu

Madu tak boleh ketinggalan dari daftar pelembab bibir yang perlu Anda coba. Selain melembabkan, madu juga mengandung antibakteri yang efektif mencegah infeksi bakteri. Dengan pemakaian rutin, kesehatan bibir Anda bisa terjaga.

Minyak Kelapa

Anda bisa memakai minyak kelapa sebagai pelembab bibir.

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk melembabkan bibir kering dan pecah-pecah adalah minyak kelapa. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda perlu mencampur minyak itu dengan satu sampai dua tetes tea tree oil terlebih dahulu.

Baca Juga: Inilah 5 penyebab kulit kering yang perlu Anda ketahui

Minyak Zaitun dan Gula

Seperti yang telah disebutkan, pelembab bisa masuk ke bibir jika tak ada sel kulit mati yang menghalangi. Nah, Firstpost menyarankan Anda untuk memakai pelembab yang terbuat dari minyak zaitun dan gula.

Pertama, campur gula dengan minyak zaitun kemudian gosokkan ke bibir secara perlahan. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Anda bisa melakukannya satu kali dalam seminggu. Tak hanya melembabkan, kombinasi bahan alami itu juga mampu membuat bibir terlihat lebih merah.

Selanjutnya: Selain mengoleskan lidah buaya, 7 cara mengatasi bibir kering secara alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru