Inilah 5 penyebab kulit kering yang perlu Anda ketahui

Rabu, 11 Agustus 2021 | 12:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 5 penyebab kulit kering yang perlu Anda ketahui

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab kulit kering.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor penyebab kulit kering yang bisa Anda alami. Tentu saja hal itu penting untuk Anda ketahui supaya perawatan kulit yang tepat bisa Anda dapat. Memerhatikan penyebabnya juga bisa jadi salah satu cara mencegah masalah kulit yang lebih parah.

Kulit kering terjadi karena lapisan kulit tak mampu mempertahankan kelembaban. Beberapa hal bisa meningkatkan risiko masalah tersebut. Mulai dari faktor ringan hingga faktor yang lebih serius. Supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Biasanya, dokter akan melihat kondisi kulit dan melakukan beberapa pemeriksaan supaya bisa mendapat diagnosa yang tepat. Nantinya, perawatan yang Anda butuhkan disesuaikan dengan penyebab-penyebabnya.

Genetik

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), kulit kering bisa Anda alami karena faktor genetik. Mutasi genetik menyebabkan produksi protein yang mampu melembabkan kulit terganggu. Jika anggota keluarga Anda memiliki tipe kulit kering, sebaiknya gunakan pelembab kulit secara rutin.

Baca Juga: Penyebab pori-pori hidung membesar dan cara mengatasinya

Mandi Air Panas

Mandi menggunakan air panas memang terasa nyaman. Namun, kegiatan itu bisa jadi salah satu penyebab kulit kering, lo. Terlalu sering mandi dengan air panas dapat mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit menjadi lebih mudah kering.

Jika Anda memang ingin menghangatkan tubuh, cobalah untuk membatasi waktu mandi menjadi lima menit. Selain itu, turunkan suhu air yang Anda gunakan menjadi lebih hangat. Setelah mandi, jangan lupa untuk selalu memakai pelembab supaya kulit tak kering.

Parfum

Everyday Health mengatakan bahwa parfum dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit kering. Jadi, pastikan untuk menghindari produk-produk perawatan kulit yang mengandung parfum, ya. Jika Anda kesulitan untuk memilih produk yang tepat, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter.

Baca Juga: Tak perlu bingung, ini 5 cara mengatasi bibir kering

Usia

Usia bisa jadi salah satu penyebab kulit kering.

Usia yang semakin bertambah jadi penyebab kulit kering berikutnya yang dapat Anda alami. Seiring berjalannya waktu, produksi minyak kulit semakin berkurang. Hal itulah yang membuat kondisi kulit menjadi lebih kering dibandingkan saat usia Anda masih di bawah 40 tahun.

Dry Air

Kulit kering juga bisa terjadi karena dry air atau udara yang kering. Untuk menghindari masalah kulit yang lebih parah, cobalah untuk memakai humidifier saat Anda melakukan kegiatan dalam ruangan. Humidifier akan mengontrol kelembaban sehingga kulit kering pun dapat teratasi dengan baik.

Selanjutnya: 5 Cara mengatasi bibir kering, tak perlu bingung mudah Anda praktikkan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru