6 Cara mengatasi bibir kering, tak hanya dengan madu

Senin, 27 September 2021 | 14:29 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara mengatasi bibir kering, tak hanya dengan madu

ILUSTRASI. Cara mengatasi bibir kering perlu Anda lakukan untuk mencegah infeksi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang lebih rentan kering dan mengelupas. Cara mengatasi bibir kering pun perlu segera Anda praktikkan supaya bibir tak iritasi dan terinfeksi. Jangan khawatir, Anda bisa melakukannya dengan bahan-bahan alami.

Bibir kering yang Anda alami bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Cuaca, reaksi alergi, kebiasaan merokok, tubuh kekurangan nutrisi tertentu, dan dehidrasi adalah beberapa faktor yang mengakibatkan bibir Anda mudah kering.

Dengan mengatahui faktor penyebabnya, bibir kering bisa teratasi dengan mudah. Misalnya, memperbanyak air putih yang Anda minum bisa mengatasi dehidrasi. Selain mengatasi penyebabnya, coba manfaatkan bahan alami berikut ini, yuk.

Timun

E Times (timesofindia.indiatimes.com) mengatakan bahwa timun mampu menghidrasi kulit sehinnga bibir kering pun hilang. Anda hanya perlu mengaplikasikan jus timun pada bibir. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Pelembab untuk kulit kering ini dari bahan alami, lo

Madu

Madu merupakan jenis bahan alami yang biasa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering. Antibakteri dalam bahan tersebut pun efektif mencegah infeksi. Jadi, kesehatan bibir Anda bisa selalu terjaga.

Lidah Buaya

Apabila Anda berusaha mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, tak ada salahnya untuk menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam bahan alami itu akan membersihkan sel kulit mati dan melindungi lapisan kulit di bawahnya.

Meski memiliki rasa yang pahit, tapi lidah buaya cukup efektif melembabkan bibir. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada bibir lalu diamkan selama semalaman. Di pagi hari, bersihkan sisa gel lidah buaya dengan air.

Gula dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi bibir kering berikutnya yang layak Anda coba adalah memakai gula. Bahan tersebut berperan sebagai eksfoliator yang mampu membersihkan sel kulit mati. Pertama, campur gula dan minyak zaitun lalu gosokkan di bibir secara perlahan.

Baca Juga: Cara memerahkan bibir secara alami bisa pakai 6 bahan ini

Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan E Times adalah minyak kelapa. Selain melembabkan bibir, jenis minyak itu pun mampu melembutkan dan mencerahkan warna bibir. Untuk memaksimalkan efeknya, campurkan minyak kelapa dengan essential oil pilihan Anda sebelum mengaplikasikannya ke bibir.

Lemon

Cara mengatasi bibir kering bisa Anda lakukan memakai lemon.

Lemon juga bisa Anda jadikan pelembab bibir kering, lo. Tak hanya itu, bibir hitam juga dapat hilang jika Anda memakai lemon secara rutin. Pertama, campur air perasan lemon dengan minyak jarak dan madu. Aplikasikan pada bibir selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

Selanjutnya: Inilah 5 penyebab kulit kering yang perlu Anda ketahui

Editor: Belladina Biananda
Terbaru