Kesehatan Umum

Patut waspada, inilah 4 arti sakit perut sebelah kiri

Sabtu, 19 September 2020 | 14:45 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Patut waspada, inilah 4 arti sakit perut sebelah kiri

KONTAN.CO.ID - Sakit perut sebelah kiri adalah gejala yang umum muncul dari berbagai jenis penyakit. Biasanya, penyebab sakit perut sebelah kiri adalah gangguan organ di area itu.

Beberapa organ di bagian perut sebelah kiri yang bisa menimbulkan penyakit adalah pankreas, sebagian usus kecil, ginjal kiri, sebagian usus besar, dan ovarium, serta tuba falopi bagian kiri pada wanita.

Dikutip dari Health Grades, penggumpalan darah, infeksi, dan serangan jantung juga bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Sakit perut sebelah kiri bisa terjadi dalam waktu singkat, tapi juga bisa berlangsung lama.

Jika Anda biarkan, sebab sakit perut sebelah kiri bisa merambat ke bagian tubuh yang lain. Gejala lain yang bisa muncul bersama sakit perut sebelah kiri adalah mual, diare, sembelit, dan demam.

Melansir Health Grades, penyebab sakit perut sebelah kiri adalah gangguan pada beberapa organ berikut:

Baca Juga: 4 Obat sakit perut alami yang perlu Anda coba

Gastritis

Gastritis menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas. Tak hanya itu, gejala lain yang bisa muncul adalah mual dan muntah.

Pendarahan dalam perut juga dapat menyebabkan muntah darah atau feses yang mengandung darah saat dikeluarkan.

Pankreatitis

Health Grades menyebutkan, kanker pankreas atau pankreatitis adalah penyebab sakit perut sebelah kiri lainnya yang perlu Anda waspadai. Pankreatitis menyebabkan sakit parah yang berlangsung lama.

Biasanya, pankratitis menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas merambat ke bagian punggung. Selain itu, gejala lain yang muncul berupa mual, muntah, demam, penyakit kuning, dan berat badan menurun.

Baca Juga: Ini penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita

Editor: Belladina Biananda


Terbaru