kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Obat sakit perut alami yang perlu Anda coba


Jumat, 04 September 2020 / 12:31 WIB
4 Obat sakit perut alami yang perlu Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Setiap orang pasti pernah merasakan sakit perut, entah karena makanan, minuman, atau hal lainnya. Biasanya, sakit perut bukanlah suatu hal yang perlu Anda khawatirkan karena bisa diatasi dengan obat sakit perut alami.

Sakit perut muncul dibarengi dengan gejala lain. Misalnya, asam lambung naik, mual, kembung, kentut, atau batuk. Anda bisa mencoba obat sakit perut alami untuk meredakan gejala-gejala tersebut.

Air putih

Obat sakit perut alami pertama adalah minum air putih. Tubuh membutuhkan air agar efektif mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan atau minuman.

Saat dehidrasi, tubuh akan kesulitan mencerna makanan sehingga Anda mengalami sakit perut. Health and Medicine Division merekomendasikan jumlah air putih yang perlu Anda minum agar tubuh tak dehidrasi.

Untuk wanita, sebaiknya minum 2,7 liter air putih setiap hari. Sedangkan untuk pria, sebaiknya minum 3,7 literĀ air putih tiap hari.

Baca Juga: Ini penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita

Jahe

Jahe adalah obat sakit perut selanjutnya yang dapat Anda coba. Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang bisa mempercepat kontraksi perut. Akibatnya, makanan yang menyebabkan sakit perut bisa bergerak lebih cepat pula.

Mengutip Medical News Today, zat kimia dalam jahe bisa meredakan mual, muntah, dan diare. Anda bisa mencampurkan jahe dalam makanan atau meminumnya langsung dalam bentuk teh.

Kayu manis

Kayu manis mengandung antioksidan sehingga cocok Anda gunakan sebagai obat sakit perut alami. Kandungan tersebut mampu mencegah iritasi dan kerusakan di saluran pencernaan.

Beberapa antioksidan yang ada dalam kayu manis adalah eugenol, linalool, dan camphor. Zat lain dalam kayu manis juga bisa mengurangi gas, kembung, keram, dan sendawa.

Asam lambung tinggi dalam perut dapat diredakan pula dengan kayu manis. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dalam makanan atau meminumnya dengan air hangat.

Baca Juga: Radang usus buntu: penyebab, gejala, dan cara mengobatinya

Hindari rokok dan alkohol

Merokok dapat membuat iritasi pada tenggorokan yang menyebabkan sakit perut. Hal yang sama juga berlaku pada alkohol.

Alkohol adalah salah satu minuman yang sulit dicerna tubuh. Liver dan bagian tubuh lain bisa rusak karena hal tersebut.

Obat sakit perut alami bisa Anda lakukan dengan menghindari keduanya.

Selanjutnya: Punya penyakit asam lambung? Hindari jenis makanan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×