kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita


Jumat, 21 Agustus 2020 / 14:21 WIB
Ini penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita
ILUSTRASI. Menstruasi bisa jadi penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Perempuan akan merasa keram dan tidak nyaman saat sakit perut bagian bawah melanda. Ada banyak hal yang berpotensi jadi penyebab munculnya penyakit tersebut.

Berbagai macam sistem organ dan jaringan yang berada di area bawah perut bisa membuat kaum Hawa bingung menentukan penyebabnya.

Sakit perut bagian bawah ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari muntah, diare, hingga masalah salurang kencing.

Mengetahui penyebab sakit perut bagian bawah berperan penting agar pengobatan bisa lebih efektif. Nah, berikut penyebab sakit perut bagiuan bawah pada wanita menurut Net Doctor:

Radang usus buntu

Sakit perut bagian bawah biasanya terjadi karena usus buntu yang meradang. Rasa sakit bisa datang dan pergi serta bergerak menuju bagian kanan.

Baca Juga: Tiga obat alami ini bisa mengobati ambeien

Anda mungkin akan merasa mual dan rasa sakitnya berlangsung selama lebih dari 24 jam. Radang usus buntu perlu dioperasi agar sakit perut bagian bawah bisa teratasi.

Nyeri kandung kemih

Masalah pada kandung kemih juga bisa jadi penyebab sakit perut bagian bawah. Rasa sakit selama atau setelah buang air kecil dapat jadi indikasi adanya infeksi.

Sering buang air kecil dan ada darah dalam urin jadi gejala lain yang perlu Anda waspadai.

Menstruasi

Penyebab sakit perut bagian bawah lainnya adalah menstruasi. Rasa sakit yang timbul karena menstruari akan hilang seiring berjalannya waktu.

Jika sakit yang Anda rasakan terlalu hebat, bisa mengonsumsi pain killer dari farmasi atau melakukan cara lain untuk mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: 3 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara alami

Pelvic Inflammatory Disease

Pelvic Inflammatory Disease atau PID adalah kondisi lain yang menyebabkan sakit perut bagian bawah. Biasanya, PID terjadi karena ada masalah di rahim atau ovari.

Jika sudah parah, gejala yang ditimbulkan penyakit ini berupa rasa sakit dan demam dalam waktu yang lama.

Selain itu, Net Doctor menyebutkan, pendarahan tak terduga dan rasa sakit saat berhubungan seksual bisa jadi gejala lain yang perlu Anda perhatikan. Pemindaian kesehatan seksual secara menyeluruh dibutuhkan karena bisa saja disebabkan karena infeksi penyakit seksual menular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×