Patut Waspada, Anda Bisa Mengalami 6 Penyebab Diare Ini

Kamis, 06 Januari 2022 | 11:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut Waspada, Anda Bisa Mengalami 6 Penyebab Diare Ini

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab diare yang dapat terjadi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda dikatakan mengalami diare jika frekuensi buang air besar meningkat. Feses yang keluar pun memiliki tekstur yang lebih lunak. Supaya hal itu tak sering terjadi, Anda perlu mewaspadai faktor apa saja yang tergolong dalam penyebab diare.

Biasanya, diare ditandai oleh beberapa hal. Mulai dari mual, perut terasa sakit atau kram, muntah, demam, dan pusing. Jika disebabkan oleh infeksi, gejala diare yang muncul bisa lebih parah, misalnya feses bercampur darah.

Anda perlu segera mengatasi masalah kesehatan itu. Jika tidak tubuh akan mengalami malnutrisi hingga dehidrasi karena kekurangan cairan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan perawatan apa yang tepat sesuai dengan kondisi. Selain gejala, faktor pemicu diare perlu Anda perhatikan.

Alergi

Tak hanya muncul di kulit, reasi alergi juga bisa ditandai oleh diare. Mengutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease atau NIDDK (niddk.nih.gov), beberapa jenis makanan yang menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, atau makanan laut.

Baca Juga: Perlu Anda Ketahui, Ini Gejala dan Penyebab Usus Buntu

Infeksi

Virus, bakteri, dan parasit bisa menginfeksi tubuh Anda dan mengakibatkan diare. Biasanya, Anda terinfeksi oleh faktor-faktor tersebut saat mengonsumsi makanan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Masalah Pada Sistem Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan bisa jadi salah satu penyebab diare.

Masalah pada sistem pencernaan juga bisa jadi penyebab diare, lo. Beberapa jenis masalah yang dimaksud adalah penyakit crohn, irritable bowel syndrome atau gangguan usus besar, hingga pertumbuhan bakteri di usus kecil yang terlalu banyak.

Operasi

Faktor lain yang dapat memicu terjadinya diare adalah operasi pada organ-organ dalam perut. Misalnya, usus buntu, kandung kemih, liver, pankreas, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami diare setelah menjalankan operasi, segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga: 5 Obat Diabetes Ini Datang dari Bahan Alami, Mau Coba?

Mengonsumsi Makanan Pedas

Anda perlu berhati-hati ketika mengonsumsi makanan pedas karena jenis makanan itu bisa menyebabkan diare. Capsaicin, salah satu senyawa yang ada di cabai, bisa melukai dinding lambung atau saluran pencernaan yang lain. Hal itulah yang membuat Anda mengalami diare.

Jenis Obat Tertentu

NIDDK menyebutkan bahwa jenis pengobatan tertentu yang Anda gunakan dalam jangka waktu lama juga bisa jadi penyebab diare, misalnya antibiotik. Jenis obat itu berpengaruh pada bakteri di sistem pencernaan Anda sehingga infeksi pun tak bisa Anda hindari.

Anda perlu menghindari penyebab-penyebab diare yang sudah disebutkan. Agar proses penyembuhan bisa lebih cepat, cobalah untuk mengonsumsi obat antidiare. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi air elektrolit, perbanyak asupan probiotik, dan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Selanjutnya: Ketahui 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil pada Trimester Pertama

Editor: Belladina Biananda
Terbaru