kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Obat Diabetes Ini Datang dari Bahan Alami, Mau Coba?


Rabu, 29 Desember 2021 / 13:20 WIB
5 Obat Diabetes Ini Datang dari Bahan Alami, Mau Coba?
ILUSTRASI. Supaya kesehatan tak memburuk, cobalah untuk rutin mengonsumsi obat diabetes dari bahan alami. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Diabetes atau penyakit gula darah tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu rutin mengonsumsi obat diabetes, misalnya, dari bahan-bahan alami.

Ada beberapa faktor yang termasuk dalam penyebab diabetes. Mulai dari frekuensi aktivitas fisik rendah, stres, genetik, kurang tidur, hingga terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Supaya kondisi Anda tidak semakin parah, cobalah untuk mengikuti resep obat yang disarankan dokter. Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami hanya sebagai pelengkap pengobatan, bukan obat utama. Jadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Jika bahan alami Anda konsumsi dengan takaran yang tidak sesuai, Anda akan mengalami efek samping. Mengutip dari Stamford Health, Anda justru bisa mengalami hipoglikemik. Hipoglikemik adalah jumlah gula darah yang terlalu sedikit.

Sesuai dengan saran dokter, berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda coba:

Baca Juga: Wajib Waspada! Ini 8 Penyebab Gula Darah Naik

Kayu manis

Apakah Anda suka mengonsumsi kayu manis? Jenis rempah yang berguna untuk menaikkan cita rasa makanan ini ternyata bisa menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh, lo. Tidak hanya itu, kayu manis juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat.

Lidah buaya

Manfaatkan lidah buaya sebagai obat diabetes.

Penyakit diabetes bisa diatasi dengan lidah buaya, lo. Namun, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi lidah buaya karena bahan tersebut memiliki efek laksatif alami.

Jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah besar, dikhawatirkan Anda akan mengalami diare atau gangguan pencernaan yang lain.

Zinc

Salah satu jenis mineral yang bisa digunakan sebagai obat diabetes alami alami adalah zinc. Melansir Stamford Health, suplemen zinc dapat menurunkan gula darah dan mengatasi komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

Namun, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi obat diabetes herbal itu. Alasannya karena zinc dapat mengganggu proses penyerapan tubuh terhadap mineral yang lain. Jadi, usahakan untuk selalu mengikuti saran dokter, ya.

Baca Juga: Layak Anda Coba, 4 Buah Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah

Beberapa jenis buah dan sayur

Mengonsumsi jenis buah dan sayur tertentu ternyata baik untuk kesehatan tubuh, lho. Beberapa buah dan sayur yang sebaiknya Anda konsumsi secara teratur adalah bluberi, ceri, stroberi, alpukat, apel, brokoli, kembang kol, tomat, dan lain sebagainya.

Fenugreek

Fenugreek atau kelabat adalah tanaman herbal selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami. Sama seperti kayu manis, fenugreek juga berguna untuk menurunkan kolesterol.

Salah satu efek samping yang Anda alami setelah mengonsumsi fenugreek adalah bau air kencing menjadi berbeda. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena efek samping itu merupakan hal biasa dan tidak berbahaya.

Tapi, pastikan untuk tetap mengikuti saran dokter, ya. Jika mengalami efek samping lain yang mengganggu kesehatan tubuh, segera hentikan konsumsi bahan alami itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×