Kesehatan Umum

Patut waspada, 6 gejala sinusitis ini bisa menyerang Anda

Kamis, 10 Juni 2021 | 14:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut waspada, 6 gejala sinusitis ini bisa menyerang Anda

ILUSTRASI. Dengan mewaspadai gejala sinusitis, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dengan cepat. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


KONTAN.CO.ID - Sinus adalah ruang berisi udara dalam tengkorak yang menghubungkan saluran pernapasan. Sama seperti bagian tubuh yang lain, sinus bisa terganggu sehingga Anda pun mengalami berbagai macam gejala sinusitis.

Ada banyak fungsi sinus dalam tubuh Anda. Mulai dari melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk, meningkatkan resonansi suara, hingga menurunkan risiko kerusakan saat wajah terluka.

Saat sinus terganggu, tentu saja fungsi itu tak dapat berjalan secara maksimal.

Setiap penderita sinusitis mengalami gejala yang berbeda-beda. Ada yang tidak mengalami gejala sama sekali, ada yang mengalami gejala ringa, tapi ada pula yang mengalami gejala lebih parah.

Dengan memerhatikan gejala-gejala ini, peluang Anda mendapat perawatan yang tepat dan cepat semakin besar:

Sakit kepala

Mengutip dari Medicine Net, Anda mengalami tekanan yang lebih besar saar sinus tersumbat. Hal itulah yang mengakibatkan munculnya sakit kepala. Apalagi, saat Anda menundukkan kepala.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat pilek anak, bisa terbuat dari madu

Demam

Gejala sinusitis lain yang mungkin Anda alami adalah demam. Sinus yang tersumbat dan terus dibiarkan dapat menyebabkan peradangan. Hal itulah yang mengakibatkan tubuh Anda merespons dengan demam.

Post nasal drip

Post nasal drip atau PND adalah salah satu gejala sinusitis yang sering terjadi. Produksi lendir meningkat saat seseorang mengalami sinusitis.

Nah, meningkatnya produksi lendir itu mengakibatkan banyak lendir yang mengalir di bagian belakang tenggorokan.

Batuk

Batuk termasuk salah satu gejala sinusitis.

PND mengakibatkan Anda batuk. Tak sedikit pula penderita sinusitis mengalami radang tenggorokan karena tenggorokan yang iritasi akibat PND. Dengan batuk, tubuh berusaha untuk mengeluarkan benda asing penyebab iritasi.

Baca Juga: Bisa Anda coba, berikut 4 obat sinusitis dari bahan alami

Sakit mata

Menurut Medicine Netm sinusitis mengakibatkan munculnya sakit mata. Penyumbatan di beberapa saluran sinus menekan jaringan dan sistem saraf di sekitar mata. Akibatnya, mata menjadi terasa sakit dan tidak nyaman.

Kelelahan

Tubuh yang mengalami kelelahan biasanya adalah respon dari batuk, demam, dan gejala lain yang terus dibiarkan. Sinusitis juga membuat sistem imun tubuh Anda menurun.

Akibatnya, tubuh menjadi terasa lebih lemas daripada biasanya. Untuk menghindari masalah yang lebih parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Inilah 4 penyebab sakit kepala yang bisa Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru