Kesehatan Anak

4 Rekomendasi obat pilek anak, bisa terbuat dari madu

Selasa, 18 Mei 2021 | 10:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat pilek anak, bisa terbuat dari madu

ILUSTRASI. Beragam obat pilek anak bisa Anda jadikan opsi./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/08/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak pilihan obat pilek anak yang dijual di apotek. Namun, ada baiknya jika jenis obat itu tidak diberikan terlalu sering. Apalagi untuk anak yang berusia kurang dari enam tahun. Hal itu disebabkan karena besarnya risiko efek samping yang bisa diderita anak.

Mengutip dari Today’s Parent (todaysparent.com), beberapa efek samping yang bisa terjadi adalah mengantuk, sembelit, mual, denyut jantung meningkat, dan lain sebagianya. Anda tetap bisa menggunakan obat yang dijual di apotek sesuai dengan saran dokter.

Sebagai alternatif, ada banyak cara menyembuhkan pilek yang bisa Anda coba. Tak hanya mudah didapat, bahan alami juga cukup aman. Tentu saja Anda tetap perlu memerhatikan kondisi anak, ya. Jika kondisi anak semakin buruk, segera periksakan ke dokter.

Perbanyak Asupan Cairan

Cara mengatasi pilek yang pertama adalah dengan meningkatkan asupan cairan sehingga tubuh anak tidak dehidrasi. Anda bisa memberikan sup, jus, atau air putih dalam porsi kecil, tapi sesering mungkin. Dengan begitu, cairan dalam tubuh anak terjaga dan pilek bisa teratasi dengan cepat.

Baca Juga: Ini 4 obat sinusitis dari bahan alami yang bisa Anda coba

Madu

Madu bisa digunakan sebagai obat pilek anak.

Madu juga bisa digunakan sebagai obat pilek anak, lo. Bahan alami itu mengandung antibakteri dan antimikroba yang efektif melawan infeksi penyebab pilek. Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah satu tahan, ya. Tujuannya untuk menghindari botulisme.

Anda hanya perlu memberikan 1 sdt atau 15 ml madu pada anak satu setengah jam sebelum waktu istirahat di malam hari. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya pilek cepat sembuh. Selain itu, madu juga bisa mengatasi gejala pilek yang lain, seperti batuk.

Humidifer

Selain obat pilek anak, Today's Parent merekomendasikan humidifier sebagai cara menghilangkan pilek. Humidifier bisa membuat udara yang dihirup menjadi lembab. Tempatkan humidifier di mana anak berada. Misalnya, letakkan humidifier di kamar saat anak tidur.

Baca Juga: 4 Obat herbal tekanan darah tinggi dari bahan alami

Salin Spray

Jika Anda mencari cara mengobati pilek, tidak ada salahnya untuk menggunakan saline spray. Saline spray akan mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Dengan begitu, lendir menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain menggunakan saline spray, Anda juga bisa mengajarkan anak berusia di atas enam tahun untuk berkumur dengan air garam. Anda hanya perlu 1 sdt garam dalam segelas air hangat lalu minta anak untuk berkumur. Pastikan anak untuk tidak menelan air tersebut, ya.

Selanjutnya: Cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan obat alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru