kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 obat sinusitis dari bahan alami yang bisa Anda coba


Selasa, 20 April 2021 / 13:38 WIB
Ini 4 obat sinusitis dari bahan alami yang bisa Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Infeksi sinusitis terjadi saat bagian sinus dalam saluran pernapasan Anda mengalami peradangan. Tentu saja hal itu menyebabkan rasa tidak nyaman. Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, ada banyak obat sinusitis yang bisa Anda coba.

Melansir Livealittlelonger.com, penyebab utama terjadinya infeksi sinusitis adalah alergi atau pilek. Dua hal itu meningkatkan produksi lendir yang berkumpul di bagian sinus. Hasilnya, ada lebih banyak bakteri yang menyebabkan infeksi.

Selain alergi dan pilek, saluran pernapasan juga bisa mengalami iritasi akibat polusi atau asap rokok. Jadi, Anda harus berhati-hati terhadap hal itu. Biar kondisi saluran pernapasan Anda tak memburuk, cobalah untuk mengatasi sinusitis dengan bahan alami ini:

Bawang merah

Bawang merah termasuk salah satu obat sinusitis yang bisa Anda temukan dengan mudah. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit.

Pertama-tama, siapkan sebuah wadah yang sudah diisi dengan air panas lalu masukkan bawang merah yang sudah dipotong kecil-kecil. Setelah beberapa saat, hirup uap yang keluar dari wadah tersebut.

Jangan lupa untuk menutup mata supaya mata Anda tidak terasa perih. Bawang merah mengandung antihistamin yang mampu mengurangi penyumbatan dan meredakan peradangan pada saluran pernapasan.

Baca Juga: 5 gejala sinusitis, mulai dari hidung tersumbat hingga sakit kepala

Cuka apel

Bahan alami lainnya yang bisa mengatasi sinusitis adalah cuka apel. Bahan alami itu mengandung banyak nutrisi yang bisa membersihkan saluran pernapasan dan mengurangi gejala alergi.

Tidak hanya itu, cuka apel juga mengandung antibakteri dan antijamur sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Pertama-tama, campur 2 sdm cuka apel dengan 1 sdt madu dan 8 ons air. Setelah teraduk rata, minum campuran itu. Usahakan untuk melakukannya sebanyak tiga kali dalam sehari supaya mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Obat sinusitis bisa terbuat dari bahan alami ini

Jahe

Livealittlelonger.com merekomendasikan jahe sebagai obat sinusitis yang bisa Anda gunakan. Senyawa yang terkandung dalam jahe mampu mengontrol produksi lendir sehingga saluran pernapasan Anda tidak akan tersumbat.

Kunyit

Salah satu obat sinusitis terbuat dari kunyit.

Sinusitis juga bisa Anda obati dengan kunyit, lo. Anda hanya perlu minum 2 sdt bubuk kunyit dalam segelas air hangat. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari dengan rentang waktu 12 jam.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi hidung tersumbat terbaik ini perlu Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×