O

4 Cara mengatasi hidung tersumbat terbaik ini perlu Anda coba

Rabu, 17 Maret 2021 | 08:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi hidung tersumbat terbaik ini perlu Anda coba

ILUSTRASI. Minum air putih termasuk salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Action Images via Reuters / Lee Smith Livepic EDITORIAL USE ONLY.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidung tersumbat merupakan salah satu masalah sistem pernapasan yang cukup mengganggu. Tidak hanya membuat aktivitas di siang hari menjadi tidak nyaman, waktu istirahat di malam hari pun terganggu. Supaya kondisi kesehatan terjaga, ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba.

Meniup hidung merupakan hal yang biasa dilakukan saat hidung tersumbat. Sebaiknya, hal itu tidak perlu Anda lakukan. Mengutip dari Healthline (healthline.com), meniup hidung justru menambah tekanan di rongga hidung.

Hasilnya, ada banyak lendir yang justru masuk ke bagian sinus. Untuk mencegah terjadinya hal itu, cobalah untuk hanya menutup lendir yang keluar dari hidung tanpa meniupnya. Gunakan tisu supaya Anda lebih mudah untuk membersihkannya. Selain itu, masih banyak hal lain yang bisa Anda coba.

Hindari Dehidrasi

Menghindari dehidrasi jadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang perlu Anda coba. Dengan minum banyak air putih, lendir akan semakin encer sehingga lebih mudah dikeluarkan karena tidak menempel di rongga hidung.

Setiap orang membutuhkan cairan yang berbeda-beda. Umumnya, wanita perlu minum 11.5 gelas air per hari sedangkan laki-laki perlu minum 15.5 gelas air per hari. Jumlah tersebut bisa ditambah, apalagi saat Anda mengalami demam, muntah, atau diare.

Baca Juga: 5 gejala sinusitis, mulai dari hidung tersumbat hingga sakit kepala

Konsumsi Makanan Pedas

Healthline merekomendasikan agar Anda mengonsumsi makanan pedas lebih banyak. Jenis makanan itu dapat mengencerkan lendir sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Namun, hindari mengonsumsi makanan pedas jika Anda mengalami sakit perut.

Jangan Mengonsumsi Alkohol dan Kafein

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghindari konsumsi kafein atau alkohol.

Supaya waktu istirahat di malam hari tidak semakin terganggu, usahakan untuk tidak mengonsumsi alkohol dan kafein. Menurut sebuah penelitian, sebanyak 3.4% orang yang mengonsumsi alkohol mengalami masalah pada saluran pernapasan atas.

Misalnya, bersin sehingga hidung tersumbat semakin parah. Selain itu, alkohol dan kafein memiliki efek diuretik yang mana mengganggu jumlah cairan dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi kafein dan alkohol, tubuh menjadi rentan mengalami dehidrasi. Anda pun kesulitan untuk istirahat di malam hari.

Baca Juga: Efektif, ini 5 obat flu dan batuk yang bisa dibuat di rumah

Keluarkan Hewan Peliharaan dari Kamar Tidur

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda coba adalah dengan mengeluarkan hewan peliharaan dari kamar ketika Anda tidur. Bulu hewan peliharaan bisa jadi sumber alergi yang memperparah hidung tersumbat Anda.

Selanjutnya: 8 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru