Kesehatan Umum

Inilah 4 penyebab sakit kepala yang bisa Anda alami

Selasa, 01 Juni 2021 | 14:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 penyebab sakit kepala yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada banyak penyebab sakit kepala yang bisa Anda alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit kepala termasuk salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengetahui apa saja penyebab sakit kepala. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pencegah sebelum kondisi Anda semakin parah.

Ada beberapa jenis sakit kepala yang bisa Anda alami. Mulai dari sakit kepala tegang, sakit kepala sebelah atai migrain, dan sakit kepala cluster. Meski tidak berbahaya, Anda tetap perlu mewaspadai sakit kepala. Apalagi jika frekuensi terjadinya sakit kepala terus meningkat dan muncul masalah kesehatan yang lain.

Bisa jadi, sakit kepala adalah tanda masalah kesehatan yang serius. Misalnya, infeksi atau pendarahan di sekitar otak. Supaya penyebab sakit kepala bisa ditentukan dengan benar, ada baiknya bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Stres

Mengutip dari Up To Date (uptodate.com), stres yang terus Anda alami dan tak terkelola dengan baik dapat mengakibatkan sakit kepala tegang. Biasanya, ada beberapa gejala lain yang Anda alami. Contohnya, tekanan di kedua sisi kepala atau leher dan muncul rasa sakit dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Waspada! 5 Penyebab vertigo ini bisa Anda alami, lo

Sinusitis

Meski jarang terjadi, penyakit sinusitis juga bisa menyebabkan sakit kepala, lo. Umumnya, sakit kepala akibat penyakit sinusitis dibarengi dengan keluarnya lendir berwarna kuning, hijau, atau keruh dari hidung.

Sinusitis dapat mengakibatkan sakit kepala sebelah selama beberapa hari. Up To Date mengatakan bahwa sakit kepala akibat penyakit tersebut tidak mengakibatkan Anda mual, sensitif terhadap cahaya atau suara berisik, dan lain sebagainya.

Tumor Otak

Tumor otak termasuk salah satu penyebab sakit kepala.

Tumor otak mengakibatkan penderitanya mengalami sakit kepala. Seiring berjalannya waktu, sakit yang Anda rasakan semakin parah dan dibarengi dengan gejala yang lain. Misalnya, mual dan muntah. Meski demikian, gejala tersebut juga bisa diakibatkan oleh faktor lain. Jadi, Anda perlu mewaspadai kondisi Anda sendiri.

Baca Juga: Selain parasetamol, ini obat penurun panas yang bisa dibeli di apotik

Pasca Trauma

Penyebab sakit kepala berikutnya adalah efek pasca trauma. Biasanya, masalah kesehatan itu Anda alami satu hingga dua hari setelah kepala Anda terluka. Tak hanya sakit kepala, trauma mengakibatkan Anda kesulitan untuk berkonsentrasi, pusing, merasa cepat lelah, dan memori berisiko mengalami gangguan.

Sakit kepala yang diakibatkan trauma atau kecelakaan bisa berlangsung selama berbulan-bulan. Jika sakit kepala yang Anda alami tak kunjung hilang dalam waktu satu minggu, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Selanjutnya: Cara menyembuhkan sakit gigi tanpa obat, cukup dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru