kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! 5 Penyebab vertigo ini bisa Anda alami, lo


Jumat, 21 Mei 2021 / 16:45 WIB
Waspada! 5 Penyebab vertigo ini bisa Anda alami, lo
ILUSTRASI. Supaya kesehatan tetap terjaga, cobalah untuk memerhatikan penyebab vertigo. KONTAN/Muradi/01/08/2010


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vertigo adalah kondisi yang mengganggu keseimbangan tubuh. Biasanya, penyebab vertigo adalah masalah pada telinga bagian dalam, otak, atau sistem saraf. Selain itu, masih banyak faktor lain yang dapat memicu terjadinya vertigo.

Sampai saat ini, belum bisa dipastikan apa saja yang termasuk dalam gejala vertigo. Namun, bukan berarti Anda menjadi ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan dan konsultasi.

Hasil dari pemeriksaan itu, dokter akan memberikan perawatan. Umumnya, perawatan vertigo disesuaikan dengan penyebabnya. Maka dari itu, mengetahui penyebab vertigo adalah hal penting yang perlu Anda lakukan.

Labirinitis

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), labirinitis atau vestibular neuritis adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan iritasi dan peradangan. Masalah itu terjadi akibat infeksi virus. Jika terus dibiarkan, kemampuan indra pendengaran bisa berkurang hingga benar-benar hilang.

Baca Juga: 4 Obat herbal vertigo ini bisa Anda dapat dari bahan alami

Stroke

Stroke juga bisa jadi salah satu faktor penyebab vertigo, lo. Stroke adalah kondisi di mana aliran darah dalam otak terhenti atau terjadi penggumpalan darah dalam otak. Selain menyebabkan vertigo, stroke juga bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hamil

Tahukah Anda bahwa hamil dapat menyebabkan Anda mengalami vertigo? Saat hamil, ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh. Mulai dari keseimbangan hormon, jumlah gula darah, tekanan darah, dan lain sebagainya.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena vertigo bisa hilang saat Anda sudah melahirkan. Namun, jika vertigo terus Anda alami, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi vertigo muncul karena faktor kesehatan yang lain.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan sakit kepala, tidak perlu obat

Penyakit Meniere

Everyday Health mengatakan bahwa penyakit meniere adalah salah satu penyebab umum terjadinya vertigo. Penyakit itu terjadi saat jumlah cairan dalam saluran pendengaran terlalu banyak. Selain menyebabkan vertigo, masih banyak gejala lain yang bisa Anda alami, misalnya rambut rontok.

Diabetes

Diabetes termasuk salah satu faktor penyebab diabetes.

Salah satu bentuk komplikasi diabetes adalah arteri yang mengeras. Kondisi itu dapat mengganggu aliran darah dalam otak. Akhirnya, vertigo pun Anda alami. Jika Anda memang menderita diabetes dan mengalami vertigo, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: 4 Obat sakit kepala untuk ibu menyusui ini bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×