Patut Anda waspadai, berikut ini 4 penyebab telat haid

Selasa, 16 November 2021 | 14:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Patut Anda waspadai, berikut ini 4 penyebab telat haid

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab telat haid.

KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab telat haid yang cukup sering dialami oleh banyak orang adalah kehamilan. Namun, ternyata masih banyak faktor lain yang membuat siklus menstruasi Anda tidak normal, lo.

Tentu saja, Anda perlu mewaspadai kondisi tersebut. Bisa jadi, telat haid terjadi karena ada masalah kesehatan yang tidak Anda sadari.

Jika Anda mengalai telat haid, apalagi jika hal itu sering terjadi, jangan ragu untuk segera membicarakan kondisi Anda ke dokter. Nantinya, dokter akan membantu Anda menyelesaikan masalah kesehatan yang Anda alami dengan lebih baik.

Semakin cepat Anda mengatasi penyebab telat haid, semakin sedikit pula risiko kesehatan yang perlu Anda alami.

Olahraga ekstrem

Very Well Health menyebutkan, olahraga ekstrem berpengaruh pada hormon yang berhubungan ovulasi dan menstruasi. Jika olahraga ekstrem memang harus Anda lakukan, usahakan untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan bergizi.

Baca Juga: Hati-hati, 4 penyebab telat haid ini bisa Anda alami

Jenis obat tertentu

Salah satu penyebab telat haid adalah konsumsi jenis obat tertentu.

Mengonsumsi jenis obat tertentu juga bisa jadi penyebab telat haid, lo. Beberapa jenis obat itu adalah obat antidepresan, obat tiroid, obat kemoterapi, dan lain sebagainya.

Alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan kondisi yang sama, jadi tak ada salahnya untuk membicarakan kondisi itu ke dokter.

Stres

Sadarkah Anda bahwa stres berpengaruh pada siklus menstruasi?

Saat Anda mengalami stres hebat dalam jangka waktu yang relatif lama, produksi hormon yang mempengaruhi ovulasi menjadi terganggu. Akibatnya, siklus menstruasi pun menjadi tidak teratur.

Selain stres fisik karena olahraga ekstrem atau aktivitas yang padat, stres secara emosional juga memiliki pengaruh yang sama.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengelola stres dengan baik. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari konsultasi ke psikologi hingga meditasi.

Baca Juga: Bukan hamil, 5 penyebab telat haid ini dapat Anda alami

Perubahan berat badan

Perubahan berat badan bisa jadi penyebab telat haid.

Perubahan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba juga bisa jadi penyebab telat haid. Tak hanya itu, Very Well Health menambahkan, berat badan berlebih atau yang terlalu ringan dapat mengakibatkan kondisi serupa.

Pada penderita obesitas, produksi estrogen dan progesteron terganggu sehingga siklus menstruasi Anda pun bisa bermasalah. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mengonsultasikannya dengan dokter.

Selanjutnya: Simak rekomendasi SCMA setelah kerjasama Affinity dan RANS Entertainment

Editor: Belladina Biananda
Terbaru