Bukan hamil, 5 penyebab telat haid ini dapat Anda alami

Senin, 19 Juli 2021 | 09:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bukan hamil, 5 penyebab telat haid ini dapat Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab telat haid yang bisa terjadi. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyebab telat haid yang biasa terjadi adalah hamil. Namun, tahukah Anda bahwa siklus haid bisa terlambat datang karena faktor yang lain? Anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan kondisi itu supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Melansir Vital Record (vitalrecord.tamhsc.edu), siklus haid bisa terlambat saat Anda masih dalam masa menyusui bayi. Anda tidak perlu khawatir jika mengalaminya karena hal itu normal terjadi. Biasanya, Anda kembali haid beberapa bulan setelah melahirkan.

Namun, jika siklus haid tak kunjung datang, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Selain menyusui, masih banyak faktor lain yang menyebabkan telat haid. Mulai dari perubahan berat badan, olahraga ekstrem, dan lain sebagainya.

Stres

Stres jadi penyebab telat haid lainnya yang dapat Anda alami. Apalagi jika stres yang Anda rasakan terlalu kuat. Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang berpengaruh pada sistem reproduksi. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola stres, tak ada salahnya untuk mengunjungi dokter.

Baca Juga: ​15 Tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Perubahan Berat Badan

Berat badan yang berubah secara tiba-tiba bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan haid terlambat. Selain perubahan berat badan, gangguan makan juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Jadi, jangan lupa untuk memerhatikan kebiasaan makan sehari-hari, ya.

PCOS

PCOS atau polycysticovary syndrome adalah salah satu jenis gangguan hormon yang dialami oleh wanita di masa subur. Akibatnya, jumlah hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga siklus haid pun terganggu.

Jika Anda terus mengalami keterlambatan haid dan gejala PCOS lainnya, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: 4 Arti warna darah haid yang Anda keluarkan, bisa jadi tanda kesehatan

Olahraga Ekstrem

Olahraga ekstrem termasuk salah satu penyebab telat haid.

Olaharag ekstrem juga bisa jadi penyebab telat haid, lo. Alasannya karena olahraga ekstrem menurunkan jumlah hormon estrogen yang mana penting untuk sistem reproduksi Anda. Sebaiknya, atur waktu dan intensitas olahraga supaya kesehatan tubuh Anda tidak terganggu.

Perubahan Jadwal Tidur

Vital Record menyebutkan bahwa telat haid bisa terjadi akibat jadwal tidur yang berubah. Misalnya, Anda bepergian ke suatu tempat dengan zona waktu yang berbeda atau mengalami perubahan waktu kerja. Supaya haid kembali lancar, usahakan untuk mengatur jadwal tidur yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat telat datang bulan, bisa dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru