Tips Sehat

Panduan protokol kesehatan di pasar saat pandemi corona dari Dokter Reisa

Kamis, 16 Juli 2020 | 22:50 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Panduan protokol kesehatan di pasar saat pandemi corona dari Dokter Reisa

ILUSTRASI. Pengunjung mengenakan pelindung wajah saat berbelanja di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (1/7/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada bulan Juni 2020 sebesar 0,18%. Inflasi pada bulan tersebut lebih tinggi daripada inflasi pada bulan Mei

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. JAKARTA. Pasar baik pasar tradisional maupun pasar modern, menjadi salah satu pusat aktivitas masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi, sosial dan budaya. 

Dengan beroperasinya pasar, perekonominan daerah diharapkan kembali meningkat disaat krisis akibat penyebaran virus corona Covid-19. 

Pembukaan atau operasional pasar baik pasar tradisional maupun pasar modern tentunya harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 

Selain itu masyarakat harus menjalankan cara berinteraksi di pasar baik tradisional dan modern secara aman dan sehat dalam rangka pencegahan virus corona Covid-19.

Panduan mengenai protokol kesehatan virus corona di pasar baik pasar tradional dan modern ini telah diatur dalam keputusan Menteri Kesehatan. Selain itu ada juga aturan turunan berupa regulasi di masing-masing daerah dalam rangka pencegahan dan pengendalian virus corona Covid-19.

Sasaran panduan tersebut ditujukan kepada pengelola, pedagang, pekerja dan juga pengunjung yang datang ke pasar tradisional muapun pasar modern. 

Ada beberapa panduan praktis yang disampaikan oleh Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro atau yang akrab disapa Dokter Reisa.

Dokter Reisa, mengingatkan kepada para pembeli atau warga yang hendak berbelanja di pasar, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern, hendaknya harus memastikan kondisi tubuh sedang sehat dan fit sebelum berangkat ke pasar.

SELANJUTNYA>>>

Editor: Syamsul Azhar


Terbaru