kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,74   -8,61   -0.92%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi belum berakhir, ini cara meningkatkan daya tahan tubuh meski di rumah saja


Selasa, 17 November 2020 / 15:39 WIB
Pandemi belum berakhir, ini cara meningkatkan daya tahan tubuh meski di rumah saja
ILUSTRASI. Menjaga kualitas tidur termasuk cara meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi corona


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi corona belum berakhir meskipun sudah berjalan hampir setahun. Di sisi lain, sejauh ini belum ada obat maupun vaksin virus corona. Upaya meningkatkan daya tahan tubuh jadi kunci mencegah penularan virus corona.

Ada banyak kebiasaan harian yang wajib kita terapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, hingga berolahraga sangat dibutuhkan supaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lebik dari sebelumnya.

1. Kualitas tidur

Cara pertama meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjaga kualitas tidur. Kita sering kali tergoda untuk terus menonton film streaming dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur nyenyak. Felice Gersh, MD, seorang dokter obgyn dan pendiri Integrative Medical Group of Irvine merekomendasikan untuk tidur di waktu yang sama setiap malam, dan bangun di waktu yang sama setiap pagi.

Saat kita kurang tidur, tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Sebab, tidur membuat sistem kekebalan kita beregenerasi, memungkinkan sel kita melakukan perbaikan kritis, dan menyembuhkan luka.

Tidur juga membersihkan organ-organ kita dari produk limbah yang dibuat oleh proses metabolisme hari sebelumnya. Dengan kata lain, saat itulah tubuh kita meremajakan dan memulihkan diri. Tanpa kulitas tidur yang baik kita menempatkan diri di zona bahaya.

Baca juga: Sangat murah, lelang rumah di Jakarta harga pembukaan hanya Rp 234 juta

2. Multivitamin

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kita juga perlu konsumsi multivitamin. Banyak sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin yang kita butuhkan untuk memberikan sistem pertahanan tubuh.

Ahli otolaringologi, Shawn Nasseri, MD menyarankan kita agar membeli multivitamin kaya nutrisi yang diperlukan untuk respons kekebalan tubuh yang efektif. "Perlu diingat, mengonsumsi vitamin C, vitamin B kompleks, dan mineral seperti zinc sangat penting. Terutama saat sedang stres," kata dia.

"Tubuh kita tidak dapat melawan virus dan bakteri secara efektif jika kekurangan vitamin," sambung dia.

Simak cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya di halaman selanjutnya




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×