Pakai masker adalah cara pencegahan Covid-19 paling efektif

Rabu, 24 November 2021 | 16:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai masker adalah cara pencegahan Covid-19 paling efektif

ILUSTRASI. Memakai masker adalah cara yang efektif untuk menurunkan risiko tertular Covid-19. KONTAN/Baihaki/21/11/2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara mencegah Virus Corona yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menjaga sistem imun tetap kuat, menerima suntikan vaksin, hingga menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, seperti menjaga jarak, cuci tangan, dan memakai masker dengan benar.

Melansir The Hill (thehill.com), memakai masker selama pandemi bisa menurunkan risiko tertular Virus Corona hingga 53%. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, transmisi Covid-19 turun hingga 29% ketika kebijakan pemakaian masker di tempat umum diberlakukan.

Menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum adalah pencegahan Covid-19 lainnya yang cukup efektif. Hasil analisa di 5 tempat berbeda terkait kebijakan jaga jarak menunjukkan bahwa kebijakan tersebut mampu menurunkan risiko infeksi Covid-19 hingga 25%.

Baca Juga: Penerapan PPKM level tiga saat Nataru di seluruh Indonesia dinilai kurang tepat

Mengutip The Hill, mencuci tangan dan lockdown adalah cara pencegahan Virus Corona lainnya yang bisa menurunkan risiko transmisi penyakit tersebut. Nah, selain menerapkan hal-hal tersebut, Anda juga perlu segera mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Vaksin memang tidak membuat tubuh Anda benar-benar kebal terhadap infeksi virus. Namun, tubuh yang telah mendapat vaksinasi menjadi lebih kuat terhadap paparan Virus Corona. Anda masih bisa terinfeksi, tapi gejala Covid-19 yang muncul tidak terlalu parah.

Baca Juga: Ada 6 permasalahan kesehatan RI di tengah upaya pemulihan dampak pandemi

Bahkan, ada kemungkinan bahwa Anda tidak mengalami gejala apa pun. Tidak berhenti sampai di situ, vaksin juga mampu menurunkan risiko kematian dan kebutuhan perawatan rumah sakit. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera mendapat suntikan vaksin, apalagi jika tak ada kondisi tertentu yang mengalangi.

Selain itu, Anda juga perlu selalu menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, mengelola stres dengan baik, rajin olahraga, berhenti merokok, dan lain-lain. Tujuannya supaya sistem imun tubuh Anda selalu kuat.

Baca Juga: Cara efektif mencegah virus corona yang perlu Anda lakukan

Selanjutnya: 10 SMA terbaik di Yogyakarta berdasarkan nilai UTBK 2021

Editor: Belladina Biananda
Terbaru