Cara efektif mencegah virus corona yang perlu Anda lakukan

Selasa, 23 November 2021 | 15:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara efektif mencegah virus corona yang perlu Anda lakukan

ILUSTRASI. Memakai masker adalah cara mencegah virus corona yang perlu selalu Anda terapkan. KONTAN/Baihaki.

KONTAN.CO.ID - Meski kasus Covid-19 mengalami penurunan, bukan berarti Anda bisa mengabaikan protokol kesehatan, ya. Cara mencegah virus corona tetap perlu Anda lakukan secara disiplin supaya tubuh Anda terhindar dari infeksi penyakit itu.

Melansir Eatthis.com, memakai masker merupakan salah satu pencegahan Covid-19 yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan, memakai masker mampu menurunkan risiko terinfeksi virus corona hingga 53%.

Tentu saja, Anda perlu memakai masker yang sesuai dengan standar kesehatan yang sudah ditetapkan. Jangan lupa pula untuk memakai masker dengan cara yang benar. Pastikan masker menutup hidung hingga dagu dan tak ada celah di sekitar masker yang terbuka.

Anda bisa memilih bahan masker yang nyaman, tapi tetap sesuai dengan standar kesehatan. Dengan begitu, tubuh Anda lebih terlindungi dari Covid-19.

Baca Juga: Gejala Covid-19 ini perlu Anda waspadai setelah divaksin

Baca Juga: 11 Macam vaksin Covid-19 di Indonesia dan efek sampingnya, ada yang baru

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara mencegah virus corona yang perlu Anda praktikkan.

Rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain merupakan pencegahan lain yang tak boleh Anda lupakan. Mengutip Eatthis.com, menjaga jarak dengan orang lain di tempat umum bisa mereduksi risiko penularan Covid-19 hingga 25%.

Cara mencegah virus corona selanjutnya adalah dengan segera mendapat suntikan vaksin Covid-19. Vaksin memang tidak membuat Anda benar-benar terhindar dari infeksi penyakit. Namun, vaksin bisa membuat tubuh Anda lebih terlindungi.

Saat terinfeksi Covid-19 pun, gejala yang Anda alami tak terlalu parah, bahkan Anda mungkin tak mengalami gejala apa pun. Selain itu, risiko kebutuhan perawatan di rumah sakit dan risiko kematian bisa sangat turun karena vaksin.

Dari beberapa langkah pencegahan yang telah disebutkan, penting pula bagi Anda untuk selalu menjaga sistem imun tubuh supaya tetap kuat. Cobalah untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, minum suplemen vitamin sesuai dengan pengawasan dokter, serta rajin olahraga.

Selanjutnya: Manakah yang Lebih Baik, Susu Skim, Susu Low Fat, atau Susu Biasa?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru