Pakai bawang putih, begini 5 cara mengatasi sakit gigi

Kamis, 16 September 2021 | 07:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bawang putih, begini 5 cara mengatasi sakit gigi

ILUSTRASI. Berbagai macam cara mengatasi sakit gigi bisa Anda coba untuk mengurangi nyeri. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit gigi bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai macam cara mengatasi sakit gigi pun perlu dilakukan supaya kesehatan gigi dan mulut tak memburuk. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan bahan alami.

Sebelum mengenali bahan alami apa saja yang bisa dipakai, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah sakit gigi. Pertama, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi. Usahakan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari atau tiap selesai makan.

Memakai benang gigi atau obat kumur juga bisa dilakukan supaya tak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Selanjutnya, Anda perlu mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Salah satu penyebab sakit gigi yang banyak terjadi adalah nutrisi tubuh yang tak terpenuhi dengan baik.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah, Anda perlu menghindari makanan dan minuman manis. Nah, jika hal itu sudah Anda lakukan, tapi sakit gigi tetap datang, cobalah untuk memakai bahan-bahan alami berikut ini.

Baca Juga: Selain madu, coba 5 obat gusi berdarah lainnya, yuk

Berkumur dengan Air Garam Hangat

Air garam merupakan bahan alami yang sudah banyak digunakan. Antibateri dan kandungan lain dalam garam efektif meredakan rasa sakit di sekitar gusi dan gigi. Anda hanya perlu berkumur dengan segelas air hangat yang dicampur sejumput garam. Lakukan cara tersebut beberapa kali sampai rasa sakit hilang.

Pakai Kompres Dingin

Melansir Kids Kintha (kidskintha.com), kompres dingin bisa dipakai sebagai cara mengatasi sakit gigi. Pertama, masukkan beberapa es batu dalam sebuah kantung lalu balut kantung itu menggunakan handuk. Tempatkan kompres dingin itu pada pipi di mana gigi terasa sakit selama beberapa menit.

Suhu dingin yang keluar dari kompres akan membuat sistem saraf di sekitar gigi sakit mati rasa. Perlu diingat bahwa memakai kompres dingin tidak menghilangkan sumber sakit gigi, ya. Jadi, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter supaya sakit gigi bisa benar-benar hilang.

Manfaatkan Bawang Putih

Meski memiliki aroma menyengat, bawang putih bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Antibiotik dalam bahan alami itu mampu mencegah infeksi yang lebih parah. Caranya, tempatkan bawang putih yang sudah ditumbuk di gigi yang terasa sakit. Setelah beberapa menit, berkumurlah dengan air hangat.

Baca Juga: Mudah dicari, coba 5 rekomendasi obat sariawan ini, yuk

Gunakan Peppermint

Cara mengatasi sakit gigi menggunakan peppermint bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. Pertama, Anda bisa meletakkan daun peppermint pada gigi yang sakit. Kedua, Anda bisa mengaplikasikan minyakk peppermint supaya rasa sakit berkurang.

Minum Obat Apotek

Tidak hanya memanfaatkan bahan alami, cara mengatasi sakit gigi juga bisa Anda lakukan dengan minum obat apotek.

Apabila bahan-bahan alami di atas tidak memberikan hasil apa pun, Kids Kintha memberikan saran untuk minum obat sakit gigi yang dijual di apotek. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya sesuai dengan resep dokter.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan sakit gigi yang layak Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru