kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,53   -6,82   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah dicari, coba 5 rekomendasi obat sariawan ini, yuk


Kamis, 02 September 2021 / 10:11 WIB
Mudah dicari, coba 5 rekomendasi obat sariawan ini, yuk
ILUSTRASI. Selain obat apotek, bahan alami juga bisa Anda gunakan sebagai obat sariawan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sariawan terjadi di bagian dalam mulut, seperti gusi, lidah, hingga tenggorokan. Anda akan kesulitan untuk berbicara, makan, dan menelan karena hal itu. Obat sariawan perlu segera Anda konsumsi supaya masalah tak bertambah parah.

Ada banyak penyebab sariawan yang bisa terjadi. Mulai dari bagian dalam mulut yang tak sengaja tergigit, memakai produk perawatan gigi secara berlebihan, tubuh kekurangan nutrisi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, masalah kesehatan lain yang lebih serius bisa membuat sariawan muncul terus-menerus. Durasi kemunculannya pun lebih lama daripada biasanya.

Jika beberapa bahan alami ini tak mampu mengobati sariawan, jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter, ya. Dengan melakukan langkah tersebut, penyebab sariawan yang sebenarnya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Baca Juga: Bisa mengobati ambeien, ini sederet manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

Baking Soda

Mengutip dari Healthline (healthline.com), baking soda mampu menyeimbangkan pH dalam mulut. Dengan begitu, sariawan bisa sembuh dengan lebih cepat. Pertama, campur 1 sdt baking soda dalam segelas air. Aduk rata lalu gunakan campuran itu untuk berkumur selama 15 detik.

Minyak Kelapa

Bahan alami berikutnya yang dapat Anda jadikan obat kumur sariawan adalah minyak kelapa. Antimikroba yang terdapat dalam minyak kelapa mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri.

Tidak berhenti sampai di situ, minyak kelapa juga mengandung antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan. Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa pada sariawan beberapa kali dalam sehari sampai sariawan sembuh.

Yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi sariawan? Probiotik yang terkandung dalam produk olahan susu itu mampu melawan infeksi bakteri yang memicu kemunculan sariawan. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk mengonsumsi satu gelas yogurt per hari.

Baca Juga: Efektif meredakan batuk, ini 5 manfaat asam jawa untuk kesehatan

Cuka Apel

Cuka apel termasuk salah satu obat sariawan.

Healthline merekomendasikan cuka apel sebagai obat sariawan lainnya yang perlu Anda coba. Sama seperti yogurt, cuka apel bisa melawan infeksi bakteri. Meski demikian, pastikan untuk tidak menggunakan cuka apel secara berlebihan supaya tak muncul efek samping.

Caranya, campur 1 sdt cuka apel dalam segelas air. Gunakan campuran itu untuk berkumur selama 30 hingga 60 detik. Setelah itu, berkumurlah lagi dengan air biasa untuk membersihkan sisa cuka apel di mulut.

Madu

Madu tak boleh ketinggalan dari daftar obat sariawan. Bukan tanpa alasan, madu memiliki banyak antiinflamasi dan antibakteri yang mampu memperkecil ukuran sariawan. Rasa sakit akibat masalah kesehatan itu juga bisa berkurang.

Anda hanya perlu mengaplikasikan madu pada sariawan sebanyak empat kali dalam sehari. Terus ulangi cara tersebut sampai sariawan sembuh. Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk memakai madu yang tidak melewati proses pengolahan berlebih.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bau mulut yang patut Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×