5 Cara menghilangkan sakit gigi yang layak Anda coba

Kamis, 09 September 2021 | 10:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan sakit gigi yang layak Anda coba

ILUSTRASI. Salah satu manfaat bawang putih adalah dipakai sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit gigi merupakan suatu kondisi yang cukup mengganggu. Selain mengganggu aktivitas, sakit gigi juga bisa merusak waktu istirahat di malam hari. Supaya hal itu tak terjadi, beberapa cara menghilangkan sakit gigi perlu Anda coba.

Pertama, Anda bisa minum obat sakit gigi yang dijual di apotek. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa obat tersebut bisa mengatasi sakit gigi ringan hingga sedang.

Meski bisa Anda dapatkan dengan mudah, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara bebas, ya. Tetap ikuti anjuran pemakaian yang tertera di kemasan. Selain minum obat, sakit gigi juga bisa diobati dengan cara-cara yang lain.

Anda bisa menggunakan kompres atau bahan alami yang lain. Apabila sakit gigi tak kunjung hilang, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi sakit gigi yang Anda alami disebabkan oleh masalah yang lebih parah sehingga membutuhkan perawatan dokter.

Baca Juga: Air rebusan sirih dengan sereh efektif mengobati sakit gigi

Bawang Putih

Meski memiliki aroma menyengat, bawang putih cukup efektif digunakan sebagai obat sakit gigi. Salah satu senyawa dalam bawang putih yang bernama allicin berperan sebagai antibakteri. Artinya, infeksi bakteri penyebab sakit gigi dapat diatasi.

Anda hanya perlu mengunyah bawang putih mentah lalu letakkan di sekitar gigi yang sakit selama beberapa saat. Sebelum menggunakan bahan alami itu, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter. Khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Teh Peppermint

Ada banyak jenis teh yang berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah teh peppermint. Jenis teh itu bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan sakit gigi. Selain mengandung antibakteri, teh peppermint kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Air Garam

Air garam merupakan cara menghilangkan sakit gigi.

Air garam jadi bahan alami lainnya yang bisa Anda pakai untuk mengobati sakit gigi. Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan, air garam memiliki antibakteri yang mampu meredakan peradangan akibat sakit gigi. Berkumur dengan air garam pun efektif membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela gigi.

Kompres Dingin

Cara menghilangkan sakit gigi berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah memakai kompres dingin. Apalagi jika sakit gigi dibarengi dengan gusi bengkak. Suhu dingin yang keluar dari kompres mampu mempersempit pembuluh darah sehingga rasa sakit dapat berkurang.

Pertama, masukkan beberapa es batu dalam kantung plastik lalu balus dengan handuk bersih. Tempat kompres dingin di sekitar gigi yang sakit selama 15 hingga 20 menit. Anda bisa mengulanginya beberapa kali dalam sehari sampai sakit gigi benar-benar hilang.

Baca Juga: Gampang dicari, 5 obat sakit gigi ini bisa jadi opsi

Hidrogen Peroksida

Melansir Medical News Today, Anda bisa menggunakan hidrogen peroksidan untuk menyembuhkan sakit gigi. Menurut sebuah penelitian, berkumur dengan hidrogen peroksida bisa membersihkan plak gigi sehingga gejala periodontitis atau jenis penyakit gigi dan mulut lain bisa teratasi.

Caranya, campur hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan yang sama. Gunakan untuk air tersebut untuk berkumur. Untuk menghindari risiko tertelan, usahakan untuk memberikan air hidrogen peroksida pada anak-anak, ya.

Selanjutnya: Selain madu, coba 5 obat gusi berdarah lainnya, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru