Selain madu, coba 5 obat gusi berdarah lainnya, yuk

Rabu, 08 September 2021 | 12:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain madu, coba 5 obat gusi berdarah lainnya, yuk

ILUSTRASI. Ada berbagai macam bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat gusi berdarah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gusi berdarah bisa jadi salah satu gejala penyakit gigi dan mulut. Sebelum bertambah parah, sebaiknya segera manfaatkan obat gusi berdarah. Selain obat-obat yang dijual di apotek, tak ada salahnya untuk mencoba bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Sebelum mengetahui bahan alami apa saja yang bisa Anda manfaatkan, ketahui dulu faktor apa saja yang bisa jadi penyebab gusi berdarah. Gusi Anda bisa terluka karena makanan yang Anda konsumsi, tubuh kekurangan nutrisi tertentu, perubahan hormon, serta kebersihan gigi dan mulut yang tak terjaga.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Usahakan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari. Memakai benang gigi dan obat kumur juga bisa Anda coba.

Biasanya, gusi berdarah dibarengi dengan gusi bengkak dan munculnya rasa sakit. Nah, beberapa bahan alami di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun, jika gusi berdarah terus terjadi, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Dari bahan alami, ini 4 cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri

Madu

Madu termasuk salah satu bahan alami yang bisa dipakai sebagai obat gusi berdarah terus-menerus. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada gusi yang bermasalah secara rutin. Antiinflamasi dan antibakteri dalam bahan alami itu mampu menghentikan pendarahan.

Minyak Kelapa

Melansir NDTV Food (food.ndtv.com), minyak kelapa dapat dimanfaatkan sebagai obat gusi berdarah. Tidak hanya itu, memakai minyak kelapa bisa mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit gusi dan gigi yang lebih parah. Anda hanya perlu berkumur dengan minyak kelapa secara teratur.

Air Garam

Supaya gusi berdarah tak bertambah, cobalah untuk berkumur dengan air garam. Sama seperti bahan alami yang lain, air garam mengandung antiinflamasi yang efektif mencegah infeksi. Kemampuan itu semakin optimal karena kehadiran antiseptik alami.

Pertama, Anda perlu mencampur ½ sdt garam dalam segelas air hangat terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, gunakan air garam itu untuk berkumur. Lakukan langkah itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: Tak banyak disadari, inilah 4 penyebab gusi berdarah

Kunyit

Kunyit termasuk salah satu bahan alami yang efektif jadi obat gusi berdarah. NDTV Food merekomendasikan Anda untuk mencampur kunyit dengan minyak mustard. Aplikasikan campuran bahan alami itu di gusi berdarah.

Lemon

Salah satu manfaat lemon adalah dipakai sebagai obat gusi berdarah.

Obat gusi berdarah dan bengkak juga bisa berasal dari lemon, lo. Anda hanya perlu minum segelas air lemon. Usahakan untuk rutin melakukan cara tersebut supaya gusi berdarah dan masalah kesehatan lain bisa sembuh.

Selanjutnya: 5 Obat sakit gigi dari bahan alami yang gampang dicari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru