Pakai bahan alami, coba 4 cara mengobati ambeien ini, yuk

Rabu, 10 November 2021 | 13:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, coba 4 cara mengobati ambeien ini, yuk

ILUSTRASI. Anda dapat memanfaatkan bahan alami sebagai cara mengobati ambeien.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sedang mengalami ambeien? Jika iya, cara mengobati ambeien ini bisa Anda coba. Meski bisa dilakukan sendiri di rumah, bukan berarti Anda bisa mengabaikan bantuan dokter, ya. Tetap periksakan diri ke dokter, apalagi jika ambeien tak kunjung sembuh.

Ambeien terjadi karena ada pembuluh vena di sekitar rektum membengkak. Faktor yang memicu masalah itu pun beragam. Biasanya, ambeien lebih banyak dialami oleh wanita hamil, orang tua berusia lebih dari 50 tahun, atlet angkat beban, dan penderita obesitas.

Anda yang memiliki masalah kesehatan tertentu, misalnya diare kronis, juga bisa mengalami ambeien. Nah, di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa cara mengobati ambeien yang dapat Anda jadikan pilihan.

Lidah Buaya

Memanfaatkan bahan alami merupakan salah satu hal yang tepat untuk menyembuhkan ambeien. Mengutip dari St Heliers Pharmacy (sthelierspharmacyndl.co.nz), Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung pada ambeien. Kandungan dalam bahan alami itu akan menenangkan pembuluh darah yang bengkak.

Baca Juga: Cari cara mengobati ambeien? Lakukan 5 hal ini, yuk

Kompres Dingin

Cara mengobati ambeien bisa pakai es batu sebagai kompres dingin.

Cara mengobati ambeien lainnya adalah dengan menggunakan kompres dingin. Pertama, masukkan beberapa es batu dalam kantung plastik. Setelah itu, balut kantung plastik itu dengan handuk bersih kemudian aplikasikan pada ambeien selama 15 menit.

Usahakan untuk melakukannya sesering mungkin dengan jeda waktu antara kompres dingin selama 20 menit. Suhu dingin yang keluar dari es batu akan meredakan pembengakakn pembuluh darah di sekitar rektum.

Epsom Salt dan Air Hangat

Selain memakai kompres dingin, suhu hangat juga bisa Anda coba sebagai cara mengobati ambeien, lho. Caranya, campur epsom salt dalam ember yang berisi air hangat. Duduklah dalam ember tersebut selama 15-20 menit supaya ambeien bisa terendam sehingga ambeien bisa sembuh lebih cepat.

Baca Juga: 6 Penyebab buang air besar ini tak boleh Anda abaikan

Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan berserat bisa jadi cara mengobati ambeien.

St Heliers Pharmacy merekomendasikan makanan berserat sebagai obat ambeien. Ada banyak jenis makanan berserat yang dapat Anda konsumsi. Mulai dari pisang, apel, stroberi, dan jenis buah serta sayur yang lain.

Tidak hanya mengonsumsi makanan berserat, minum banyak air putih juga penting Anda lakukan. Hal-hal tersebut bisa membuat feses melunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Dengan begitu, tekanan di sekitar rektum saat Anda mengejan berkurang, jadi ambeien pun bisa sembuh.

Selanjutnya: Bisa jadi pilihan, ini 4 makanan untuk penderita diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru