6 Penyebab buang air besar ini tak boleh Anda abaikan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Penyebab buang air besar ini tak boleh Anda abaikan

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang jadi penyebab buang air besar.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Supaya langkah perawatan yang tepat bisa Anda dapat, penyebab buang air besar berdarah perlu Anda ketahui. Selain dari warna, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut supaya diagnosa dan saran pengobatan yang diberikan tepat.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), warna feses bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Feses yang berwarna hitam menunjukkan adanya pendarahan atau masalah pada sistem pencernaan bagian atas.

Sistem pencernaan atas yang dimaksud adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, dan duodenum. Sedangkan feses yang berwarna merah segar menandakan adanya masalah pada usus besar, rektum, dan anus. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut.

Ambeien

Ambeien adalah penyebab buang air besar berdarah yang cukup umum terjadi. Mengejan terlalu kuat dapat membuat pembuluh darah di sekitar rektum membengkak hingga akhirnya terluka. Hal itulah yang membuat feses yang Anda keluarkan bercampur dengan darah.

Baca Juga: Bisa jadi obat batu ginjal, konsumsi 4 makanan ini yuk

Diverticulitis

Divertikulitis adalah kondisi di mana muncul gelembung-gelembung kecil dalam usus besar. Gelembung tersebut memiliki risiko infeksi yang cukup tinggi. Jika dibiarkan, dapat terjadi pendarahan dalam usus besar sehingga membuat darah keluar bersama dengan feses.

Gastroenetritis

Penyebab buang air besar adalah gastroenteritis.

Gastroenteritis biasanya dipicu karena infeksi bakteri atau virus. Virus atau bakteri masuk ke tubuh Anda bersama dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Infeksi flu dan jenis penyakit lain juga bisa mengakibatkan masalah yang sama.

Kanker

Penyebab buang air besar berdarah berikutnya adalah pertumbuhan sel kanker di saluran pencernaan. Sel kanker akan melemahkan dinding-dinding organ sistem pencernaan. Ketika hal itu terjadi, pendarahan pun dapat Anda alami.

Baca Juga: Waspada, nyeri perut kiri bawah terjadi karena 4 hal ini

Jenis Obat Tertentu

Beberapa jenis obat bisa jadi penyebab buang air besar berdarah.

Medical News Today menyebutkan bahwa jenis obat tertentu dapat mengakibatkan seseorang mengeluarkan feses yang bercampur dengan darah. Salah satu jenis obat yang memicu terjadinya hal itu adalah obat pengencer darah. Jika mengalaminya, usahakan untuk mengonsultasikannya ke dokter, ya.

Inflammatory Bowel Disease

Ada banyak jenis inflammatory bowel disease atau IBS yang dapat memicu terjadinya buang air besar berdarah. Beberapa jenis penyakit yang termasuk dalam daftar inflammatory bowel disease adalah penyakit crohn, ulcerative colitis, dan lain-lain.

Selanjutnya: Ini 4 cara mengatasi diare yang mudah untuk Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru