kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari cara mengobati ambeien? Lakukan 5 hal ini, yuk


Jumat, 01 Oktober 2021 / 09:43 WIB
Cari cara mengobati ambeien? Lakukan 5 hal ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambeien biasanya muncul karena tekanan di sekitar anus yang meningkat. Cara mengobati ambeien pun perlu segera Anda lakukan. Dengan begitu, kemunculan ambeien bisa sembuh dengan lebih cepat.

Biasanya, tekanan di sekitar anus meningkat saat Anda mengejan untuk mengeluarkan sisa makanan dari sistem pencernaan. Supaya feses bisa keluar dengan lebih mudah, Anda perlu meningkatkan asupan serat sehari-hari.

Ada banyak jenis makanan yang kaya akan serat, seperti buah, sayur, oatmeal, dan lain-lain. selain meningkatkan asupan serat, minum banyak air putih juga bisa Anda praktikkan. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak hal lain yang sebaiknya Anda coba.

Berendam di Air Hangat

Reader’s Digest Canada (readersdigest.ca) mengatakan, air hangat mampu meningkatkan aliran darah sehingga pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak dapat mereda. Supaya efeknya lebih maksimal, Anda bisa mencampur air hangat dengan epsom salt.

Baca Juga: Hati-hati, 4 penyebab ambeien ini bisa Anda alami

Pakai Petroleum Jelly

Cara mengobati ambeien berikutnya adalah dengan memakai petroleum jelly. Anda hanya perlu mengoleskan petroleum jelly pada ambeien. Usahakan untuk melakukannya secara teratur supaya ambeien bisa cepat hilang.

Manfaatkan Kentang

Cara mengobati ambeien bisa pakai kentang.

Kentang adalah bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai obat ambeien. Kandungan dalam kentang mampu menenangkan bagian anus sehingga rasa sakit dan tidak nyaman bisa berkurang. Parut lalu peras kentang supaya Anda bisa mendapat ekstraknya.

Pakai Kantung Teh

Memakai kantung teh juga termasuk cara mengobati ambeien, lo. Asam tanat yang terkandung di dalamnya mampu meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, kantung teh juga bisa meningkatkan aliran darah yang mana mampu menghentikan pendarahan akibat ambeien.

Baca Juga: Ini penyebab, gejala, dan obat wasir, Anda perlu tahu

Gunakan Kompres Dingin

Kompres dingin bisa jadi cara mengobati ambeien.

Obat ambeien lainnya yang disarankan Reader’s Digest Canada adalah kompres dingin. Suhu dingin yang keluar dari kompres bisa mengendurkan pembuluh darah sehingga peradangan pun bisa berkurang.

Cara yang harus Anda lakukan tidak sulit. Pertama, masukkan beberapa es batu dalam sebuah kantung. Balut kantung es batu itu dengan handuk tipis dan bersih kemudian duduklah di atasnya selama 20 menit. Ulangi langkah tersebut sesering mungkin dengan interval 10 menit.

Nah, dari beberapa saran yang telah disebutkan, manakah yang ingin Anda coba? Jika ambeien tak kunjung sembuh, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Menunda waktu pemeriksakan justru bisa memperparah kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Mudah dicari, coba 5 rekomendasi obat sariawan ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×