kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, 4 penyebab ambeien ini bisa Anda alami


Jumat, 27 Agustus 2021 / 12:50 WIB
Hati-hati, 4 penyebab ambeien ini bisa Anda alami
ILUSTRASI. Anda perlu mengetahui penyebab ambeien supaya bisa melakukan langkah perawatan yang tepat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Apakah Anda pernah mengalami ambeien? Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum. Penyebab ambeien perlu Anda ketahui supaya langkah perawatan yang tepat bisa Anda lakukan.

Kemunculan ambeien bisa menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman saat melakukan kegiatan sehari-hari. Gejala ambeien lainnya adalah feses sulit keluar dan nafsu makan berkurang. Jika terus dibiarkan, pendarahan juga bisa Anda alami karena masalah tersebut.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Bentuk perawatan yang bisa Anda dapat adalah menggunakan obat oles, suntikan cairan kimia tertentu yang diberikan dokter, dan lain-lain.

Kalau memang dibutuhkan, prosedur operasi pun dilakukan supaya ambeien tak memperburuk kesehatan. Semua bentuk perawatan itu disesuaikan dengan faktor-faktor yang menyebabkan ambeien. Nah, berikut penyebab wasir yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga: Ini penyebab, gejala, dan obat wasir, Anda perlu tahu

Asupan serat kurang

Melansir Sing Health, risiko ambeien meningkat saat tubuh kekurangan serat. Nutrisi itu berfungsi untuk memaksimalkan sistem pencernaan sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi itu, cobalah untuk mengonsumsi buah, sayur, dan sumber serat lainnya. Lakukan hal tersebut secara rutin supaya jadwal buang air besar bisa lancar sehingga ambeien pun dapat Anda hindari.

Kehamilan

Kehamilan jadi penyebab ambeien lainnya yang dapat Anda alami. Saat janin tumbuh dan berkembang, semakin banyak tekanan yang diterima pembuluh darah di sekitar anus dan rektum. Hal yang sama juga bisa terjadi saat Anda melahirkan.

Meski demikian, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena faktor itu bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika kemunculan ambeien cukup mengganggu, tak ada salahnya untuk langsung berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga: 5 Hal ini bisa jadi penyebab ambeien, tak hanya sembelit

Obesitas

Obesitas bisa jadi penyebab ambeien.

Sadarkah Anda bahwa obesitas bisa mengakibatkan ambeien? Sama seperti poin sebelumnya, kelebihan berat badan bisa menambah tekanan pada pembuluh darah.

Supaya masalah kesehatan itu tak sering Anda alami, cobalah untuk mengatur berat badan supaya lebih ideal.

Genetik

Sing Health mengatakan, genetik memiliki pengaruh pada risiko ambeien. Jika anggota keluarga Anda sering mengalami masalah tersebut, Anda juga berisiko mengalami hal yang sama.

Untuk mewaspadai masalah kesehatan yang lebih serius, cobalah untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi sembelit ini perlu Anda coba, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×