kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Hal ini bisa jadi penyebab ambeien, tak hanya sembelit


Kamis, 22 Juli 2021 / 12:31 WIB
5 Hal ini bisa jadi penyebab ambeien, tak hanya sembelit
ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab ambeien yang perlu Anda perhatikan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja. Tentu saja kondisi itu membuat Anda tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk menghindarinya, ada beberapa penyebab ambeien yang perlu Anda waspadai.

Yang dimaksud dengan ambeien adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di sekitar anus. Mengutip dari Colon and Rectal Surgical Specialists (crssny.com), kondisi tersebut biasa terjadi akibat tekanan berlebih sehingga pembuluh darah menegang.

Mewaspadai beberapa penyebab ini bisa jadi salah satu cara mencegah ambeien. Jika ambeien tak kunjung sembuh dan terus Anda alami, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Sembelit dan Diare

Masalah pada sistem pencernaan, seperti sembelit dan diare, bisa jadi salah satu penyebab ambeien. Untuk menghindari hal tersebut, tentu saja Anda perlu mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehar agar kesehatan tubuh terjaga.

Baca Juga: Ini 4 penyebab BAB berdarah yang perlu Anda waspadai

Makanan Kurang Gizi

Sehubungan dengan poin sebelumnya, makanan yang Anda konsumsi berpengaruh pada kesehatan sistem pencernaan. Supaya jadwal buang air besar bisa lancar, akan lebih baik jika Anda rutin mengonsumsi makanan bergizi, misalnya makanan yang mengandung banyak serat.

Riwayat Kesehatan Keluarga

Riwayat kesehatan keluarga juga berpengaruh pada kemunculan ambeien, lo. Colon and Rectal Surgical Specialists mengatakan bahwa jika ada anggota keluarga yang sering mengalami ambeien, maka Anda pun berisiko mengalami masalah yang sama.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi sembelit ini perlu Anda coba, apa saja?

Kehamilan

Hamil termasuk salah satu penyebab ambeien.

Penyebab ambeien berikutnya adalah kehamilan. Saat hamil, pembuluh darah di bagian anus menerima lebih banyak tekanan. Itulah mengapa ambeien muncul. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat bayi lahir, masalah itu bisa sembuh. Jika Anda merasa ragu, tak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter.

Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Ambeien juga bisa muncul saat Anda duduk atau berdiri terlalu lama. Dua kegiatan itu mengakibatkan penumpukan darah di sekitar anus. Akibatnya, pembuluh darah membengkak sehingga menimbulkan ambeien. Untuk menghindarinya, cobalah untuk mengubah posisi tubuh secara teratur saat melakukan kegiatan.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, ini 4 Rekomendasi obat herbal ambeien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×