Tips Sehat

6 Cara mengatasi sembelit ini perlu Anda coba, apa saja?

Jumat, 18 Juni 2021 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara mengatasi sembelit ini perlu Anda coba, apa saja?

ILUSTRASI. Mengonsumsi kopi termasuk salah satu cara mengatasi sembelit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sembelit adalah kondisi di mana feses dalam saluran pencernaan mengeras sehingga sulit dikeluarkan. Akibatnya, frekuensi buang air besar semakin berkurang. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi sembelit yang bisa Anda lakukan.

Setiap orang mengalami sembelit karena faktor yang berbeda-beda. Mulai dari tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu, stres, terlalu banyak mengonsumsi junk food, dan lain-lain.

Tentu saja Anda perlu menghindari penyebab-penyebab itu. Namun, supaya sembelit teratasi dengan lebih cepat, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi beberapa jenis bahan alami. Misalnya, kopi, lemon, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Air Putih

Seperti yang telah disebutkan, dehidrasi jadi salah satu penyebab dehidrasi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk minum air putih yang cukup. Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih setiap hari. Namun, jumlah itu bisa bertambah jika cuaca sedang panas atau Anda melakukan banyak kegiatan.

Baca Juga: Mudah didapatkan, coba 4 obat herbal ambeien ini yuk

Kopi

Mengutip dari Single Care (singlecare.com), kafein yang terdapat dalam kopi dapat menstimulasi keinginan buang air besar. Namun, jangan sampai mengonsumsi kopi terlalu banyak karena justru membuat tubuh dehidrasi. Akibatnya, sembelit pun semakin parah.

Air Kelapa

Jika Anda mencari cara mengatasi sembelit, tak ada salahnya untuk memanfaatkan air kelapa. Magnesium yang ada dalam air kelapa efektif menstimulasi gerakan otot usus sehingga feses lebih mudah untuk keluar.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat air kelapa lainnya yang bisa Anda dapat. Bahan alami meningkatkan fungsi ginjal sehingga lebih banyak zat racun yang keluar dan menghidrasi tubuh dengan baik.

Lemon

Sama seperti air kelapa, lemon juga mampu mengeluarkan banyak zat racun dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi lemon secara langsung atau mencampurnya dulu dengan teh. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin agar sembelit teratasi dengan baik.

Baca Juga: Mudah didapat, ini 4 pilihan obat herbal sakit perut

Madu

Salah satu cara mengatasi sembelit adalah dengan mengonsumsi madu.

Single Care merekomendasikan madu untuk mengatasi sembelit. Cobalah untuk mencampur madu susu hangat, teh, atau air. Enzim dan kandungan lain yang terdapat dalam madu efektif memperlancar jadwal buang air besar.

Lidah Buaya

Cara mengatasi sembelit berikutnya adalah dengan memakai lidah buaya. Mengonsumsi jus lidah buaya mampu menenangkan saluran pencernaan. Dengan begitu, sembelit dan masalah sistem pencernaan yang lain dapat teratasi.

Selanjutnya: 4 Penyebab ambeien ini sebaiknya Anda hindari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru